Menkop Teten: Kolaborasi Smesco dengan Kimia Farma Selesaikan Persoalan Hilir UKM

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki menyambut baik sinergi antara Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM) atau Smesco Indonesia dengan PT Kimia Farma Tbk (PT KF) terkait pemasaran produk herbal dan spa UKM.

Menurutnya, kolaborasi itu dapat menyelesaikan masalah hilir UKM terkait demand. Yakni terkait penciptaan dan perluasan pasar untuk produk UKM.

“Saya kira sudah banyak produk UKM yang bagus-bagus tapi selama ini terkendala di hilirnya, di marketnya. Ini (kerja sama) akan sangat membantu UKM di tengah pandemi Covid-19,” terangnya pada acara penandatanganan nota kesepahaman (MoU) pembentukan kerja sama dalam pengembangan koperasi dan UKM, antara Smesco Indonesia dengan PT Kimia Farma Tbk, di Jakarta , Rabu (3/3).

Teten mengungkapkan, saat ini pelaku UKM masih dihadapkan pada kondisi sulit akibat turunnya daya beli masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Dampaknya, banyak produk UKM yang tidak terserap oleh pasar.

“Ketika daya beli masyarakat turun memang banyak yang omzet (UKM) turun. Ini saya kira dengan kerja sama ini saya akan sangat membantu UKM kita,” tambahnya.

Apalagi, kata Teten, Kimia Farma mempunyai jaringan bisnis yang luas. Ini ditandai dengan 1.300 gerai bisnis perseroan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Maka dari itu, pihaknya mendukung penuh sinergi Smesco bersama Kimia Farma untuk memasarkan produk UKM. “Ini saya kira akan sangat bagus untuk meningkatkan omzet penjualan UMKM,” tandasnya.

Berita terkait: