Menko Luhut Ingin Desa Wisata Dikembangkan di Lombok

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan menginginkan agar desa wisata bisa dikembangkan di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Namun, dengan catatan bahwa pengembangan wisata tersebut tidak menghilangkan nilai dan budaya kearifan lokal setempat.

“Hal ini diwujudkan tanpa meninggalkan nilai-nilai luhur, kearifan lokal, dan budaya setempat serta dapat memberikan daya tarik tersendiri,” kata Luhut dalam Pembukaan Karya Kreatif Indonesia (KKI) Sesi I bertema Eksotisme Lombok secara virtual, Jakarta , Rabu (3/3).

Tujuan pengembangan desa wisata yaitu untuk menggerakkan ekonomi masyarakat. Selain itu, Luhut berpesan agar pengembangan destinasi wisata ini dilakukan secara terintegrasi. Sebab, tanpa bekerjasama dan bersinergi sulit untuk mewujudkannya.

“Ini yang saya minta bahwa kita harus bekerja secara tim, terintegrasi sehingga tidak ada segmented yang sangat kental. Tanpa kita bekerja dengan terintegrasi sulit mencapai apa yang kita impikan ini,” papar dia.

Dalam kesempatan yang sama, Luhut mengucapkan terima kasih kepada Sandiaga sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sebab telah bekerja untuk memulihkan sektor pariwisata dan mengangkat produk kreatif.

Begitu juga dengan Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki yang telah membantu pelaku UMKM terhubung dengan sistem digital.

“Saya terima kasih kepada Menteri Pariwisata dan Ekraf, yang terus berjuang lakukan aktivitas pemulihan sektor pariwisata sekaligus mengangkat produk kreatif dan juga menteri koperasi dan ukm yang mendukung nasional branding produk UMKM Indonesia,” kata dia mengakhiri.

Berita terkait: