Meningkatnya Kasus Positif Covid-19 Kemungkinan Dipicu Kegiatan Keagamaan

Ketua Satgas Pengendalian Covid-19 Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), Prof Budi Haryanto, mengatakan, meningkatnya kasus di sejumlah wilayah khususnya DKI Jakarta dalam beberapa hari ini kemungkinan dipicu oleh kegiatan perayaan Idul Adha pada akhir Juli lalu.

Kegiataan keagamaan menyebabkan orang berkumpul dan tidak menjaga jarak di sejumlah wilayah berpotensi meningkatkan penularan. Ini terlihat jelas dari jumlah penambahan kasus harian yang mencapai 600 lebih di DKI Jakarta beberapa hari setelah perayaan dari sebelumnya hanya 300-an. Ini sesuai dengan lamanya pemeriksaan laboratorium.

“Secara epidemiologi kalau kita runut ke belakang, kasus positifnya mulai tinggi sampai 600-an itu kan lima atau enam hari setelah kegiataan keagamaan. Sebelumnya di sekitar 300-an, dan 200 kasus,” kata Budi kepada , Rabu (12/8/2020).

Menurut Budi, banyaknya kasus positif terdeteksi karena jumlah pemeriksaan PCR di DKI Jakarta juga semakin banyak. Lebih cepat kasus ditemukan sehingga penelusuran terhadap kontak dekat dengan kasus positif juga cepat dilakukan.

Menurut Budi, secara kapasitas, testing PCR di DKI Jakarta jauh lebih baik dibanding daerah lain. Bahkan testing PCR di DKI sudah melampaui standar WHO, yakni 1000 orang dari 1 juta penduduk. Rata-rata DKI Jakarta sudah empat sampai lima kali lipat dari standar WHO. Jumlah pemeriksaan PCR secara nasional terbanyak disumbang dari DKI Jakarta.

Jadi menurut Budi, dari sisi jumlah Jakarta adalah yang terbaik. Tapi masalahnya, sasaran pemeriksaan PCR ini masih jadi pertanyaan. Lemahnya tracing contact atau penelusuran terhadap orang-orang yang kontak erat dengan kasus positif masih bermasalah sampai saat ini. Tidak semua orang yang kontak erat dengan kasus positif bisa ditemukan dan dilakukan testing. Ini dikarenakan hasil pemeriksaan laboratorium terlalu lama keluar, sehingga banyak orang yang kontak erat dengan kasus positif sulit ditemukan. Mereka ini lepas begitu saja, tidak dilakukan testing , dan tidak diisolasi untuk menekan penularan.

Berita terkait: