Menhub Budi: Layanan Tes GeNose Tersedia di Penumpang Bus Tipe A

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, layanan tes Covid-19 menggunakan GeNose sudah tersedia di semua terminal penumpang Tipe A. Terminal penumpang Tipe A berfungsi melayani kendaraan penumpang umum untuk angkutan antar kota antar provinsi (AKAP), dan angkutan lintas batas antar negara, angkutan antar kota dalam provinsi(AKDP), angkutan kota (AK) serta angkutan pedesaan (ADES).

“Penggunaan alat GeNose resmi digunakan di terminal Tipe A,” kata Menhub Budi dalam Acara Rakornas Ditjen Perhubungan Darat di kanal YouTube Ditjen Perhubungan Darat, Kamis, (8/4).

Dalam rakornas tersebut, Menhub sekaligus memantau penggunaan GeNose di Terminal Leuwi Panjang dan Terminal Terpadu Merak bersama pihak Dinas Perhubungan Perhubungan Darat secara virtual.

Tes GeNose diberikan secara random dengan sampel antara 10 sampai 20 orang. Tentunya, Menhub Budi meminta agar tes GeNose diprioritaskan bagi calon penumpang yang terlihat kurang sehat atau menunjukkan gejala Covid-19, seperti batuk dan lainnya.

“Jadi tolong lakukan, tapi untuk random juga dilihat kira-kira siapa yang potensial. katakanlah mereka yang agak lemas, dan batuk-batuk. Nah, itu diajak untuk periksa karena indikasi mereka yang terkena Covid-19 biasanya batuk, lemas. Jangan semua orang yang datang dilakukan GeNose,” katanya.

Pentingnya Koordinasi

Lebih lanjut, Menhub juga menegaskan bahwa pentingnya berkoordinasi dalam penerapan protokol kesehatan di sektor transportasi sebagai upaya pencegahan dan penyebaran Covid-19.

“Dalam kesempatan ini beberapa hal yang saya sampaikan dalam upaya kita melakukan koordinasi. Semakin meningkatkan penerapan optimalisasi teknologi informasi dan komukasi dalam meningkatkan layanan transportasi. Jadi teknologi digital itu menjadi keharusan,” pungkasnya.

Reporter: Tira Santia

Sumber: Liputan6.com

Berita terkait: