Mengingat Ucapan Syekh Ali Jaber Soal Tak Menghakimi Wanita Tak Berhijab, Bikin Sejuk

Kabar duka kembali menyelimuti umat Islam di Tanah Air. Pendakwah kelahiran Madinah Syekh Ali Jaber meninggal dunia pagi hari tadi.

Kabar itu disampaikan langsung oleh sahabat karib mendiang Syekh Ali Jaber, Ustaz Yusuf Mansur melalui unggahan akun Instagram pribadinya.

Semasa hidup, Syekh Ali seringkali membagikan berbagai nasihat mulia kepada jemaah. Ucapannya yang hingga kini membekas ialah mengenai toleransi dan sikap menghakimi manusia yang tak dibenarkan.

Mendiang selalu mengingatkan publik untuk tak mudah menghakimi orang lain. Berikut ulasan selengkapnya.

Beri Pesan untuk Tak Ikut Campur Urusan Manusia

Berbincang dengan Gus Miftah dan Deddy Cobuzier pada September 2020 silam membuat mendiang Syekh Ali menuturkan berbagai pesan yang menyejukkan jiwa. Salah satunya yakni untuk tak mencampuri urusan orang lain terlalu dalam.

Sebab, hal itu merupakan urusan pribadi mereka bersama Tuhan.

syekh ali jaber soal menghakimi orang lain

YouTube Deddy Corbuzier ©2021

“Ndak usah pusing, itu urusan Allah. Kenapa kita ikut campur? Sekarang mohon maaf, kita sudah kasih nasehat orang, terus kalau Allah belum kasih hidayah terus mau apa?,” ujarnya seperti yang dikutip dari kanal YouTube Dddy Corbuzier.

“Enggak menguntungkan juga, jadi emosian,” ucap Deddy membenarkan.

Tak Main Hakim Sendiri

Seringkali manusia menjadi ikut mencampuri urusan orang lain dan memberikan penghakiman sendiri atas apa yang mereka kerjakan. Menurut mendiang, hal ini bukanlah sesuatu yang bisa dibenarkan. ]

“Jangan main hukum. Urusan Allah, urusan Allah. Surga, ampunan, dosa, kita semua punya, kita punya aib tapi Allah menutupi aib kita,” ujarnya.

“Coba kalau setiap dosa itu bau badan kita, malu kita,” tambahnya.

Pandangan Terhadap Wanita Tak Berjilbab

Mendiang menuturkan, salah satu contoh masalah tersebut adalah seringnya manusia menghakimi para wanita yang tak berjilbab. Padahal, bisa jadi mereka memiliki amal baik yang dapat diterima Tuhan.

syekh ali jaber soal menghakimi orang lain

YouTube Deddy Corbuzier ©2021

“Saya sering bilang, jangan pandangi wanita yang belum berjilbab jangan anggap dia buruk. Barangkali dia punya dua rakaat tahajud di sisi Allah yang barangkali terampuni semua dosanya. Kita tidak tahu urusan manusia dengan Allah,” terangnya.

Tak Pantas Menghakimi Orang Lain

Hal ini secara gamblang diungkapkan mendiang dengan sebuah firman Tuhan yang ia sebut di hadapan Deddy dan gus Miftah kala itu.

“Wahai anak Adam jika dosamu sampai ke lapisan langit dan kamu istighfar, Aku ampuni semuanya. Dan kata Allah, ‘Aku tidak peduli berapa banyaknya’,”. Bukan hanya diampuni kata Allah,” ungkapnya.

Syekh Ali Jaber Tutup Usia

Sebelumnya, kabar duka tersebut disampaikan langsung oleh Ustaz Yusuf Mansur. Diketahui, Syekh Ali Jaber menghembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Yarsi Cempaka Putih, Jakarta .

“Innalillahi Wainna Ilaihi Raaji’uun. Syaikh Ali Jaber wafat di RS Yarsi, jam 8.30. Mohon doanya,” tulis Ustaz Yusuf Mansur melalui akun Instagramnya, @Yusurfmansurnew dikutip Kamis (14/1).

Kondisi Syekh Ali Jaber sebelumnya membaik, pasca dinyatakan positif dan menjalani perawatan Covid-19. Hal itu diungkap Menko Polhukam Mahfud MD melalui akun Twitter pribadinya.

“Berdasar komunikasi dengan keluarga Syekh Ali Jaber, Alhamdulillah, Syekh semakin membaik,” tulis Mahfud dalam cuitannya, Selasa (5/1).

Berita terkait: