Mengetahui Lebih Jauh tentang Bola Bulu Kucing dan Cara Mencegahnya

Sudah menjadi hal yang lumrah bagi para kucing untuk melakukan self-grooming dengan cara menjilat bulunya. Selain dilakukan untuk membersihkan diri, grooming juga merupakan upaya mereka untuk membuang bulu yang sudah tidak sehat alias mati. Namun risikonya adalah saat grooming seperti itu, akan ada banyak bulu yang tertelan dan bila terjadi dalam jumlah yang cukup banyak, jadilah bola bulu kucing. Apakah itu? Berikut info lebih lengkap tentang bola bulu kucing,

Bagaimana Bola Bulu Kucing Bisa Terbentuk?

mengetahui lebih jauh tentang bola bulu kucing dan cara mencegahnya

©2020

Bola bulu kucing terbentuk dari bulu-bulu kucing yang tertelan dan bercampur dengan cairan yang ada di dalam perut. Mengapa saat grooming bulu mati kucing bisa tercabut? Hal ini disebabkan karena pada lidah kucing terdapat duri-duri kecil yang akan menarik bulu yang rontok. Dari sinilah terjadi bola bulu kucing, disebabkan oleh bulu kucing yang sudah mati dan tertelan masuk ke dalam perut.

Tanda-Tanda Kucing Akan Memuntahkan Bola Bulu Kucing

mengetahui lebih jauh tentang bola bulu kucing dan cara mencegahnya

©2020

Ketika kucing akan memuntahkan bola bulu, ada beberapa tanda yang harus disadari. Mereka akan mulai bertingkah seperti tersedak, batuk, hingga muntahannya betul-betul keluar. Ingat, ini bisa terjadi di mana saja, tergantung saat itu kucing sedang berada di mana.

Apakah Bola Bulu Kucing Itu Normal?

Banyak pemilik yang akan panik dan terkejut ketika tahu kucingnya memuntahkan bola bulu. Terlebih setelah itu terjadi, biasanya kucing akan sedikit kehilangan nafsu makan. Namun sebenarnya hal itu benar-benar wajar, jadi tak perlu dikhawatirkan lebih jauh. Pada dasarnya kucing termasuk binatang yang senang menjaga kebersihan diri dan memuntahkan bola bulu itu dilakukan untuk menjaga bulunya tetap baik dan sehat.

Cara untuk Membantu Mengurangi Bola Bulu Kucing

mengetahui lebih jauh tentang bola bulu kucing dan cara mencegahnya

©2020

Sebenarnya tidak ada cara yang bisa dilakukan untuk benar-benar menghentikan bola bulu kucing. Namun tetap ada langkah yang dapat diupayakan agar intensitas kucing dalam memuntahkan bola bulu bisa berkurang, atau jumlahnya makin sedikit. Beberapa yang bisa dilakukan seperti rutin menyisir bulu kucing untuk membantu mengurangi bulu rontok, agendakan memotong bulu secara rutin, dan beri makanan bergizi yang dapat membantu menjaga kesehatan bulunya seperti Muezza.

mengetahui lebih jauh tentang bola bulu kucing dan cara mencegahnya

©Muezza

Ini dia cat food yang telah memperoleh sertifikat halal dari The Central Islamic Committee of Thailand dan memiliki beragam kandungan bergizi. Di antaranya protein, mineral, omega 3, dan lain sebagainya yang ampuh untuk menajga kesehatan bulu. Kemudian tersedia juga dalam beberapa varian rasa, yaitu, Tuna, Mackerel, Ocean Fish, dan juga Salmon. Muezza bisa didapatkan di Shopee atau Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee Beli Muezza di Tokopedia

Berita terkait: