Mendagri Tito Ungkap Sulitnya Menjaga Perbatasan Indonesia

– Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengungkap sulitnya menjaga perbatasan Indonesia . Dibandingkan dengan negara lain, Indonesia memiliki tiga perbatasan yakni di laut, darat dan udara.

Tito menjelaskan bahwa Indonesia menjadi negara yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia. Saking besarnya, Indonesia bisa menutup sebagian negara bagian di Amerika Serikat.

“Itu akan menutup dari San Fransisco di sebelah barat sampai dengan New York di sebelah timur. Kalau kita taruh di Eropa dari Portugal sampai Moskow tertutup. Demikian besar negara kita,” kata Tito saat berpidato dalam acara webinar bertajuk Perbatasan Menuju Indonesia Maju, Kamis (17/9/2020).

Memiliki 17 ribu pulau tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi bangsanya. Akan tetapi, di satu sisi hal tersebut juga menjadi tantangan. Menurutnya tidak mudah untuk mengelola perbatasan.

“Tidak gampang karena 65 persen lebih adalah lautan. Kita memiliki batas darat, laut dan udara. Apakah kita memiliki kapasitas untuk menjaga dan mengamankan border itu,” ujarnya.

Tidak mudahnya menjaga perbatasan Indonesia juga karena kerap muncul permasalahan salah satunya soal masuk atau ke luar negara melalui perbatasan secara ilegal.

“Sehingga banyak lah terjadi peristiwa penyelundupan, narkotika, illegal trafficking, human trafficking, kemudian juga hal-hal yang ilegal lainnya.” ujar Tito.