Mendag Lutfi Harap Produk RI Bisa Gempur Pasar Regional dan Global

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan, dengan diluncurkannya platform Dagang Digital Indonesia Store (IDNStore) diharapkan Indonesia bisa menggempur pasar regional dan pasar global, khususnya pasar China.

“Saat yang bersamaan tentunya kita ingin penjual-penjual Indonesia produk-produk Indonesia juga bisa menjadi tuan rumah di negaranya. Bahkan bisa bermain di pasar regional dan kokoh di pasar Global,” kata Lutfi dalam Peluncuran IDNStore dilakukan secara virtual, Kamis (14/1)

Oleh sebab itu, Kementerian Perdagangan berupaya terus menggempur pasar China. Hal itu menjadi sangat penting karena saat ini di dalam negeri pun masih digempur oleh banyak platform digital seperti Shopee, Lazada, dan sebagainya.

“Jadi saya mendukung IDNStore ini sebagai bagian platform yang sangat penting untuk Indonesia juga untuk penetrasi pasar Tiongkok. Perdagangan Indonesia dan China dari hari ke hari semakin baik dan kualitasnya juga semakin bagus,” imbuhnya.

Dia melihat, saat ini Indonesia sedang bertransformasi dan sedang berubah, dari sebelumnya sebagai negara pengekspor barang mentah dan barang setengah jadi, namun kini mulai mengekspor barang industri berteknologi tinggi.

Dengan Demikian Kementerian Perdagangan dalam hal ini bisa memastikan bahwa perdagangan berbasis elektronik atau digital ini mampu mendekatkan pembeli dan penjual melalui IDNStore.

Menurutnya, tren daripada ekonomi dan perdagangan dunia sudah berubah, tren itu berubah menjadi era kolaborasi. Menurutnya era kolaborasi ini mudah disebutkan, mudah diumumkan tapi sangat sulit dijalankan.

“Karena kolaborasi itu memerlukan kepandaian, kecerdasan tersendiri untuk bisa berkolaborasi. Jadi kolaborasi ini adalah suatu faktur baru dalam perdagangan yang menurut hemat saya akan yang menjadi tren yang cukup lama ke depan,” ujarnya.

Maka dengan berubahnya tren perdagangan menjadi digital, Indonesia mesti menghasilkan barang barang yang berkualitas, barang-barang yang bisa berkompetisi dengan barang-barang pasar di regional maupun Global untuk memastikan kesejahteraan bagi rakyat Indonesia.

“PR kita untuk memastikan kita mempunyai produk-produk yang baik, saat yang bersamaan kita memastikan barang-barang masuk dari luar negeri itu juga berkualitas, dan bisa membantu Indonesia baik untuk bersaing maupun untuk bereproduksi yang kita bisa ekspor ke luar negeri,” pungkasnya.

Reporter: Tira Santia

Sumber: Liputan6.com

Berita terkait: