Mencegah Diri Dari Covid-19 Bisa Bantu Tubuh Juga Terhindar dari Flu

Pada masa pandemi COVID-19 seperti saat ini, menerapkan sejumlah protokol kesehatan merupakan hal yang penting dilakukan. Hal ini dilakukan untuk memutus rantai persebaran dari virus COVID-19.

Penerapan protokol kesehatan agar terhindar dari COVID-19 ternyata diketahui bisa memiliki manfaat kesehatan lain. Dilansir dari Healthline, penerapan protokol kesehatan ini bisa membuatmu juga terhindar dari flu.

Penerapan protokol berupa menggunakan masker, cuci tangan, serta menjaga jarak bisa membantu menghindarkan tak hanya dari COVID-19 namun juga dari flu.

“Demam dan flu, serta COVID-19, semuanya merupakan virus saluran pernapasan. Terdapat kesamaan di antara keduanya, namun pada dasarnya keduanya menular dengan cara yang sama,” terang dr. William Schaffner, pakar penyakit infeksi di Vanderbilt University, Tenessee.

Transmisi penyakit pernapasan dibagi menjadi dua cara yaitu melalui droplet serta airborne. Baik virus flu maupun COVID-19 bisa berisiko menular melalui droplet atau percikan.

Pentingnya Penggunaan Masker

Persebaran kedua masalah kesehatan ini yang melalui droplet menyebabkan mengapa penggunaan masker ini jadi penting.

“Ketika berada dalam jarak bernapas sekitar 3 hingga 6 kaki, di situlah virus disebarkan secara langsung dan tentu saja karena seseorang yang tidak memiliki gejala bisa menyebarkan virus sama seperti pada orang bergejala, hal ini menjadi alasan untuk menggunakan masker,” terang dr. Dean Blumberg dari University of California Davis,

Masker penjadi penghalang bagi droplet ditularkan ketika seseorang mengembuskan napas. Penggunaannya bisa meminimalisasi risiko persebaran. Lebih lanjut, penggunaan masker ini bisa melindungi keluarnya droplet serta mencegah dari droplet lain yang hendak masuk.

“Alasan yang sama juga berlaku antara influenza dan COVID-19. Menggunakan masker dan menjaga jarak merupakan dua hal paling penting untuk mencegah influenza dan jika seseorang melakukannya demi COVID-19, kita bakal mengalami lebih sedikit kasus influenza di tahun ini,” terang Blumberg.

Manfaat dari Penerapan Protokol Kesehatan

penerapan protokol kesehatan

Pada saat ini, beberapa wilayah di dunia sudah mulai memasuki musim-musim flu. Pada beberapa negara, penerapan protokol kesehatan sejak beberapa bulan ini ternyata bisa menurunkan tingkat flu.

“Di Taiwan, terdapat 75 persen penurunan influenza karena penggunaan masker dan panduan menjaga jarak. Anda bisa melihat turunnya berbagai jenis infeksi dengan melakukan panduan ini untuk menggunakan masker dan menjaga jarak,” terang Blumberg.

Selain dengan mendapatkan vaksin flu, pakar kesehatan juga menyarankan masyarakat untuk melakukan pencegahan infeksi seperti demam dan flu. Hal ini tentu bisa sangat bermanfaat menjaga kesehatan bagi semua orang untuk terhindar dari penyakit.

Baca juga:
Penggunaan Masker Scuba Saat Olahraga Dianggap Tidak Efektif
Bukannya Buat Awet Muda, Berlari Terlalu Banyak Bisa Buat Cepat Menua
Jangan Terlalu Khawatir, Benjolan di Payudara Tidak Selalu Berarti Kanker
Bagi Anak TK, Kemampuan Calistung Bukan Hal yang Wajib Dikuasai
Kenali Apa yang Disebut Sebagai Gangguan Psikosomatik sebagai Masalah Medis

Berita terkait: