Menang Lewat Drama VAR, Solskjaer Akui MU Beruntung

– Manajer Manchester United , Ole Gunnar Solskjaer mengakui timnya cukup beruntung bisa meraih kemenangan saat menghadapi West Bromwich Albion di laga pekan kesembilan Liga Inggris , Minggu (22/11/2020) dini hari WIB.

Laga Manchester United vs West Brom berakhir 1-0 untuk kemenangan Setan Merah. Gol MU dicetak oleh gelandang serang andalan mereka, Bruno Fernandes .

Bruno membawa Manchester United menang lewat golnya dari titik putih pada menit ke-56. Namun, terdapat banyak drama Assistant Video Referee ( VAR ) yang tersaji sebelum gol itu terjadi.

Ya, setelah 45 menit tanpa gol, West Brom mendapat tendangan penalti di awal babak kedua setelah wasit David Coote menganggap Bruno Fernandes melanggar Conor Gallagher di kotak 16.

Baca Juga: Hasil Liga Inggris: Manchester United Bungkam West Brom 1-0

Namun VAR campur tangan dan pada akhirnya menganulir hadiah penalti untuk West Brom karena Fernandes dianggap melakukan beberapa kontak dengan bola sebelum menjatuhkan Gallagher.

Berselang 10 menit, giliran Manchester United yang mendapat hadiah penalti. Pada eksekusi pertama, Fernandes gagal mencetak gol.

Gelandang Manchester United Bruno Fernandes merayakan gol bersama rekan-rekannya saat menghadapi West Bromwich Albion di pekan kesembilan Liga Inggris di Old Trafford, Manchester, Minggu (22/11/2020) dini hari WIB.
Gelandang Manchester United Bruno Fernandes merayakan gol bersama rekan-rekannya saat menghadapi West Bromwich Albion di pekan kesembilan Liga Inggris di Old Trafford, Manchester, Minggu (22/11/2020) dini hari WIB.

Namun, wasit kembali memutuskan untuk meninjau lewat VAR dan memberikan Manchester United penalti ulang lantaran menganggap kiper Sam Johnstone bergerak maju saat menghalaw tendangan Fernandes.

Pada kesempatan kedua, gelandang Timnas Portugal itu tak menyia-nyiakan apa yang didapatknya. Dia sukses menceploskan bola sekaligus membuat MU unggul 1-0.

Solskjaer mengakui timnya beruntung penalti West Brom dibatalkan, sekaligus mencatat bahwa dia yakin keputusan serupa di pertandingan Liga Inggris sebelumnya adalah salah.

Baca Juga: Bungkam Man City, Tottenham Hotspur ke Puncak Klasemen Liga Inggris

“Saya melihat penalti sore ini, Villa-Brighton dan ada kontak pada bola dan sebelum orangnya ,” kata Solskjaer dikutip dari Goal , Minggu (22/11/2020).

“Di kepalaku itu mungkin penalti. Mungkin di sini kita sedikit beruntung karena hal itu tidak diberikan. Mungkin aturannya berbeda dengan bagaimana aku menafsirkannya.”

Di sisi lain, manajer West Brom Slaven Bilic kesal betul dengan drama VAR yang terjadi. Dia menyebut timnya pantas mendapat penalti dan hasil lebih baik dari kekalahan.

“Kami bermain bagus. Kami memiliki beberapa peluang untuk mencetak gol. Kami ada di sana. Saya memberi tahu para pemain bahwa saya kecewa, saya pikir kami pantas mendapatkan sesuatu,” kata Bilic.

“Kami pantas untuk unggul di babak kedua. Saya mengatakan kepada mereka untuk tetap positif dan bertahan dan berjuang dan berlatih dan kami akan memenangkan pertandingan.”

Berita terkait: