Masih Tunggu Kepastian Resmi dari Arab, Kemenag Mulai Vaksinasi Calon Jemaah Haji

– Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan proses vaksinasi terhadap calon jemaah haji tahun 2021 sedang dilakukan. Vaksinasi calon jemaah dilakukan sebagai langkah antisipasi pemerintah sembari menunggu kabar resmi otoritas Arab Saudi soal ibadah haji.

Diketahui sejauh ini belum ada kabar resmi dari otoritas Saudi perihal ada tidaknya penyelenggaraan ibadah haji di tahun kedua pandemi. Yaqut mengatakan apabila memang diselenggarakan maka pemerintah akan memulai pemberangkatan calon jemaah haji kloter pertama pada 15 Juni mendatang.

“Berkenaan dengan rencana pemberangakatn jemaah haji di atas, sebagai bentuk persiapan pemerintah dalam penyelenggaraan ibadah haji, saat ini sedang dilakukan vaksinasi terhadap jemaah calon haji di seluruh Indonesia,” kata Yaqut dalam rapat dengan Komisi VIII DPR, Kamis (8/4/2021).

Yaqut mengatakan pemerintah telah menargetkan vaksinasi Covid-19 terhadap 57.630 jemaah calon haji berusia lanjut yang diselesaikan hingga akhir Maret 2021. Sementara itu proses vaksinasi terhadap calon jemaah lain dan petugas haji masih dilakukan bertahap.

Baca Juga: Inggris: Vaksin Covid-19 AstraZeneca Tak Untuk Orang di bawah Usia 30 Tahun

” Kementerian agama dan kementerian kesehatan untuk memprioritaskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi jemaah calon haji dan petugas haji yang dilakukan secara khusus dan serentak dan harus selesai vaksinasi tahap satu paling lambat Maret 2021 dan tahap dua paling lambat minggu kedua Mei 2021,” kata Yaqut.

Berita terkait: