Mantan Bupati Manggarai Deno Kamelus Meninggal Dunia

Mantan Bupati Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), Deno Kamelus , meninggal dunia pada Selasa (6/4/2021) malam, di Rumah Sakit Siloam, Labuan Bajo. Almarhum yang berusia 61 tahun, dikabarkan menderita sakit yang serius sejak sebulan lalu, dan dirawat di rumah sakit tersebut sejak tanggal 26 Maret 2021.

Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkab Manggarai Lodovikus D Moa mengatakan kepada awak media, Rabu (7/4/2021), saat ini jenazah almarhum masih berada di Rumah Sakit Siloam Labuan Bajo, dan rencananya hari ini akan dibawa ke rumah duka di Ruteng, Manggarai dengan perjalanan darat sekitar 125 kilometer dari Labuan Bajo.

“Saat ini sedang dilakukan koordinasi dengan pihak keluarga untuk jenazah almarhum dapat disemayamkan di Kantor Bupati Manggarai di Ruteng,” kata Lodovikus.

Ia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Manggarai dalam hal ini Bupati Manggarai Heribertus Nabit dan Wakil Bupati Heribertus Ngabut, sudah bersepakat agar almarhum dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Lalong Tanah Karot, Ruteng.

BACA JUGA

Motang Rua Simbol Perjuangan dalam Melawan Kemiskinan

Deno Kamelus menjadi bupati Manggarai pada periode 2015-2020 berpasangan dengan Viktor Madur sebagai wakil bupati. Sebelumnya Deno Kamelus menjadi wakil bupati Manggarai selama dua periode yakni periode 2005-2010 berpasangan dengan Chris Rotok sebagai bupati, dan lanjut lagi pada periode 2010-2015 juga berpasangan dengan Chris Rotok sebagai bupati Manggarai. Deno Kamelus adalah bupati Manggarai yang ke-7 memimpin daerah ini.

Deno Kamelus merintis karier politiknya dengan bergabung di Partai Amanat Nasional (PAN), dan jabatan terakhir yang diembannya di PAN adalah sebagai ketua DPC PAN Kabupaten Manggarai, NTT.

Sebelum terjun ke dunia politik, Deno Kamelus pernah menjadi dosen Fakultas Hukum, Universitas Nusa Cendana, Kupang. Ia juga menjadi ketua Dewan Penasihat Vox Poin Indonesia Cabang Manggarai, sampai saat ia meninggal dunia.

Kabar meninggalnya Deno Kamelus menimbulkan dukacita yang sangat mendalam bagi seluruh masyarakat Manggarai. Berbagai karangan bunga sebagai ucapan belangsukang terus berdatangan memenuhi kediaman almarhum di rumah duka di Carep, Ruteng NTT.

Deno Kamelus meninggalkan seorang istri, Yeni Veronika dan empat orang anak yaitu, Rino Deno, Rio Deno, Filio Deno serta anak bungsu Lisa Deno.

Berita terkait: