Mahfud MD: Cegah Kerumunan, Pengumuman Paslon Melalui Situs KPU

– Menko Polhukam Mahfud MD mengemukakan pengumuman Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) yang lolos maju pada Pilkada Serentak 2020 dilakukan melalui situs KPU . Hal itu untuk mencegah kerumunan atau pengerahan massa pada saat penetapan calon yang dilakukan tanggal 23 September besok.

“Akan diumumkan melalui website dan ditempelkan di papan pengumuman di kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) masing-masing,” kata Mahfud dalam Rapat Koordinasi (Rakor) tentang pelaksanaan Pilkada di Jakarta, Selasa (22/9/2020).

BACA JUGA

Mahfud MD: Pilkada Tidak Ditunda

Rakor dihadiri Menteri Dalam Negeri (Mendagri) M Tito Karnavian, Pelaksana Tugas Harian (Plh) Ketua KPU Ilham Saputra, Ketua Bawaslu Abhan, para Sekjen Partai Politik serta para instansi terkait.

Mahfud menyebut pada Rabu (23/9/2020) besok, KPUD di 270 daerah yang melaksanakan Pilkada akan menggelar rapat tertutup. Setelah itu dilanjutkan pengumuman calon yang lolos. Pada hari berikutnya, akan dilanjutkan pengambilan nomor urut. Namun prosesnya dilakukan secara online atau virtual.

“KPU hanya akan mengundang Paslon yang memenuhi syarat serta ketua tim pemenangannya atau orang lain yang ditentukan,” jelas Mahfud.

BACA JUGA

Mahfud MD: Kampanye Lebih Banyak Secara Daring

Pada kesempatan itu, Mahfud juga menyebut pemilih rentan akan diberi prioritas untuk mendapat keamanan dari bahaya penularan Covid-19 pada pemungutan suara tanggal 9 Desember nanti. Caranya dengan pembuatan tempat pemilihan suara (TPS) keliling.

“Dipertimbangkan pengaturan pemungutan suara yang lebih ketat terhadap kelompok yang rentan. Mungkin nanti akan ada juga TPS keliling dan sebagainya,” tutup Mahfud.

Berita terkait: