Machfud-Mujiaman bakal bangun rusun ramah lansia dan anak di Surabaya

Surabaya – Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya, Machfud Arifin dan Mujiaman, bakal membangun rumah susun ramah lansia dan anak jika terpilih di Pilkada Surabaya 2020.

“Tadi ada keluhan warga umur 65 tahun harus naik di lantai atas. Kalau ini kesepakatan warga, kalau nanti pemkot punya anggaran yang cukup untuk di rombak menjadi apartemen. Nanti pakai lift biar para lansia di sini tidak capek dan nyaman,” ujar Machfud Arifin usai menyapa warga Rusunami Menanggal, Surabaya, Sabtu.

Menurut dia, lahan 14 hektare nantinya bisa menambah tower-tower yang lain. Fasilitas umumnya pun ada, tapi warga tetap dapat tempat tinggal tipe 36 seperti ukuran yang saat ini ditempati.

Baca juga: KPU Jatim: DPT terbanyak Surabaya, paling sedikit Kota Blitar
Baca juga: Sejumlah guru TPQ di Surabaya uji Cawali Eri Cahyadi baca Al Quran

Setelah itu tinggal mengelola attitude bagaimana tinggal di apartemen terlatih dengan baik, hingga kemudian bisa membuat lantai tinggi lagi dengan menggunakan lift.

“Kalau umur 65 sampai 70 tahun di lantai atas kan sengsara ini. Kalau ada orang meninggal kan susah. Turunnya juga susah. Lift bukan harga yang mahal kok, tapi bisa dijangkau,” katanya.

Sementara itu, Ketua RT 7, RW 5 Menanggal Supriyadi menyebut bahwa rumah susun yang banyak ditinggali para lansia itu kurang layak.

“Saya di sini sudah menempati rusun dari Tahun 1990. Jadi untuk kelayakan rumah susun ini saya rasa kurang layak. Jadi kita warga berharap agar ada peremajaan,” kata Supriyadi.

Supriyadi berharap, ke depan rumah susun di Menanggal bisa dibangun yang lebih layak lagi seperti apartemen dengan fasilitas lift.

“Apalagi kita sudah lansia gini. Itu kalau di tingkat tiga, itu sudah tidak kuat lagi. Mudah-mudahan kalau Pak Machfud Arifin terpilih nanti, bisa merealisasikan bangunan di sini,” kata Supriyadi.

Diketahui Pilkada Surabaya 2020 diikuti pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Armuji. Paslon nomor urut 1 tersebut diusung oleh PDI Perjuangan dan didukung oleh PSI. Selain itu mereka juga mendapatkan tambahan kekuatan dari enam partai politik non parlemen, yakni Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Hanura, Partai Berkarya, PKPI, dan Partai Garuda.

Sedangkan pasangan Machfud Arifin-Mujiaman dengan nomor urut 2 diusung koalisi delapan partai yakni PKB, PPP, PAN, Golkar, Gerindra, PKS, Demokrat dan Partai Nasdem serta didukung partai non-parlemen yakni Partai Perindo.

Baca juga: Gubernur Sulteng ajak jemaat gereja cegah sebaran COVID-19
Baca juga: KPU Kabupaten Malang tetapkan DPT Pilkada 2.003.608 jiwa

Berita terkait: