Longsor, 4 Rumah di Puncak Tertimbun

Empat rumah yang berada di Citeko, kawasan Puncak dilaporkan tertimbun longsor saat hujan deras mengguyur Bogor. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, peristiwa longsor terjadi sekitar pukul 15.30 WIB, Minggu (11/4/2021) bersamaan dengan hujan deras disertai angin kencang di wilayah Puncak.

Camat Cisarua , Deni Humaedi menuturkan, empat rumah itu berada di bawah tebing dengah tinggi sekira lima meter dan panjang 15 meter. Pada saat kejadian, tebing yang di atasnya terdapat sebuah vila itu ambrol dan material longsor menggerus bangunan di bawahnya.

“Material longsor menimpa dinding belakang rumah. Material tanah hingga masuk ke dalam rumah,” Deni mengkonfirmasi Minggu malam.

BACA JUGA

Setelah Gempa, BMKG Minta Masyarakat Waspadai Potensi Banjir

Menurut Deni, tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu lantaran empat rumah yang diisi 19 jiwa itu sudah mengungsi. Para keluarga sudah melihat tanda akan tebing yang berada di belakang rumah akan longsor.

“Tidak ada korban jiwa karena mereka sempat keluar rumah sebelum bencana,”papar Deni.

Untuk sementara, belasan korban longsor itu sudah mengungsi ke rumah sanak saudara dan ada juga yang mengungsi ke musala yang dekat dengan lokasi longsor.

Deni menambahkan, hingga Minggu malam petugas BPBD dan pihak kecamatan masih melakukan pembersihan material longsor sambil memindahkan barang-barang milik pada korban.

Sementara berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, longsor juga terjadi di beberapa lokasi. Selain di Citeko, Cisarua, longsor juga terjadi di Megamendung yang menimpa 2 rumah dan masuk kategori rusak ringan.

BACA JUGA

Gempa Magnitudo 5,5 Kembali Guncang Malang pada Minggu Pagi

Ada juga bencana angin kencang di Desa Kalongliud, Kecamatan Nanggung pohon tumbang menimpa satu rumah. Juga di Tamansari, pohon tumbang melintang di jalan.

Lainnya, angin kencang di Desa Pasirbuncir, Kecamatan Caringin dengan kejadian pohon menimpa satu rumah dan di Cikopo, Cisarua satu atap rumah rusak.

Berita terkait: