Lima Bupati di Bengkulu Akan Maju Lagi di Pilkada Serentak 2020

Lima dari 8 orang bupati di Provinsi Bengkulu, yang selesai masa jabatannya pada awal  2021, kembali mencalon diri sebagai calon bupati petahana pada pemilihan bupati (pilbup) melalui Pilkada Serentak 2020 di daerahnya yang digelar pada 9 Desember mendatang.

Keterangan yang dihimpun di Bengkulu, Minggu (26/7/2020) menyebutkan, kelima bupati yang bakal kembali mencalon diri itu adalah bupati Kepahiang, Kaur,  Bengkulu Selatan,  Mukomuko, dan Bengkulu Utara.

Sedangkan tiga bupati lainnya, yakni bupati Rejang Lebong, Seluma, dan  Lebong, tidak mencalonkan lagi karena sudah menjabat sebagai kepala daerah di daerah bersangkutan selama dua priode. Kecuali Bupati Lebong Rosjonsyah yang akan maju di pemilihan gubernur Bengkulu mendampingi calon gubernur petahana Rohidin Mersyah.

Bupati Kepahiang Hisayatullah Sjahid berpasangan dengan Zurdinata kembali maju sebagai cabup petahana di Pilbup setempat. Palson ini diusung Partai Golkar, Nasdem, dan PKS, paslon petanahan cabup-cawabup Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi-Rifai Tajudin diusung Golkar dan beberapa partai lainya.

Selanjutnya paslon cabup-cawabup Bengkulu Utara, Mian- Ari maju di Pilakda diusung partai koalisi, yakni PDIP dan Golkar, paslon cabup-cawabup Mukomuko, Choirul Huda- Rahamdi diusung Partai
Golkar dan beberapa partai lainnnya masih dalam penjajakan, dan paslon cabup-cawabup Kaur, Gusril Fauzi-Medi didukungan Partai Golkar, PAN dan ditambah tambah partai masih dalam proses lobi.

Kandidat cabup petahana di lima kabupaten di Bengkulu, semuanya mendapat dukungan dari Partai Golkar dan kebetulan 4 kandidat cabup tersebut menjabat sebagai Ketua DPD II Golkar di daerah setempat.

Sedangkan kandidat cabup petahana Kepahiang, Hidayatullah Sjahid menjabat sebagai Ketua DPD Nasdem setempat, tapi karena hasil survei elektabilitas dan elektabilitas calon petahana ini di lapangan sangat bagus, maka yang bersangkutan diusung Golkar pada pilkada serentak.

Humas DPD Golkar Bengkulu, Zulkarnain membenarkan Partai Golkar telah mengeluarkan surat dukungan kepada lima kandidat cabup petahana di lima kabupaten di Bengkulu, yakni Bengkulu Utara, Kepahiang, Bengkulu Selatan, Kaur, dan Kabupaten Mukomuko.

“Surat dukungan kepada lima kandidat cabup petahana di Bengkulu, sudah kita keluarkan DPP Golkar, dua pekan lalu, sehingga mereka resmi maju di Pilkada Serentak 2020 diusung oleh Golkar, dan partai koalisi lainnya,” ujarnya.

Zulkarnain mengaku optimistis lima kandidat cabup petanahan yang diusung Golkar tersebut, dapat memenangkan pilkada di daerahnya masing-masing. Keyakinan ini didasarkan hasil survei yang dilakukan Golkar terhadap lima kandidat cabup ini tingkat elektabilitas dan popularitasnya sangat baik.

Dengan demikian, peluang untuk kembali terpilih sebagai bupati pada Pilkada Serentak 2020 mendatang, sangat besar. “Atas dasar inilah DPD dan DPP Golkar mengusung lima calon petahana maju di pilbup 9 Desember mendatang,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Ketua DPW PKS Bengkulu, Sujono. Ia mengatakan, pihaknya siap memenangkan kandidat cabup petanaha Hidayatullah Sjahid-Zurdinata pada pilkada Kepahiang 9 Desember mendatang.

“Pimpinan, pengurus dan kader, serta simpatisan PKS di Kabupaten Kepahiang, siap memenangkan paslon cabup-cawabup Hidayatullah Sjahid-Zurdinata pada Pilkada Serentak 2020 mendatang,” ujarnya. 

Berita terkait: