Lima Ajang Penghargaan Film Dunia Diundur

Mengingat pentingnya keselamatan dan kesehatan setiap individu di masa pandemi, penyelenggara ajang penghargaan di dunia terpaksa diundur jadwalnya. Sedikitnya ada lima ajang penghargaan yang sudah pasti diundur jadwalnya, yakni Screen Actors Guild (SAG) Awards, Academy Awards, Golden Globe Awards, British Academy Film Awards, dan Critics Choice Awards

Belum lama ini, salah satu gelaran ajang penghargaan bergengsi di industri perfilman Hollywood, SAG Awards juga diundur hingga 14 Maret 2021 mendatang. Awalnya, acara ini akan berlangsung pada pada 24 Januari 2021. Selain mundurnya jadwal acara, waktu pendaftaran nominasi juga berubah.

Sebelum SAG Awards 2021 dinyatakan mundur pelaksanaannya, sejumlah ajang penghargaan lain juga menyatakan hal serupa. Di antaranya adalah gelaran bergengsi Academy Awards (Oscar) dan Golden Globe Awards.

Academy Awards atau Piala Oscar ke-93 awalnya akan digelar pada 18 Februari 2021, tetapi ditunda hingga 25 April 2020. Menariknya, ini bukan pertama kalinya gelaran Oscar ditunda. Penundaan ini adalah kali keempat dalam seluruh sejarah bahwa Oscar telah ditunda. Dengan perpanjangan waktu periode kelayakan tersebut, David Rubin selaku Presiden Academy Awards dan Dawn Hudson, CEO Academy Awards berharap para pembuat film bisa menyelesaikan karya filmnya jadi lebih baik lagi.

“Harapan kami, dengan memperpanjang masa penjurian dan tanggal pelaksanaan acara ini, memberi keleluasaan bagi para pembuat film untuk menyelesaikan dan merilis film-film mereka tanpa dikenai sanksi,” kata Dawn Hudson dalam pernyataan resminya, baru-baru ini.

Academy Awards juga memperpanjang aturan kelayakan tanggal rilis. Sebuah film fitur saat ini harus memiliki tanggal rilis yang memenuhi syarat antara 1 Januari 2020 hingga 28 Februari 2021. Batas waktu pengiriman untuk kategori khusus (film fitur animasi, fitur dokumenter, film pendek dokumenter, film fitur internasional, film pendek animasi dan film pendek live-action ) adalah 1 Desember 2020.

Sementara untuk format ajang Oscar sendiri yang berlangsung di Dolby Theatre, Hollywood, hingga kini belum ditentukan.

Berita terkait: