Lengkap! Inilah Doa Selamatan atau Syukuran Latin dan Artinya

– Acara selamatan atau syukuran intinya selalu memanjatkan doa kepada Allah SWT sebagai bentuk rasa syukur atas berkah yang diterima. Na, berikut ini bacaan latin doa selamatan atau doa syukuran yang lengkap dengan artinya.

Sebagian besar umat muslim rutin menjalankan selamatan, mulai dari selamatan bayi lahir, rumah baru, pernikahan, tunangan, keberangkatan haji, lulus CPNS, wisuda, dan masih banyak lagi.

Tujuan dari acara selamatan tersebut adalah untuk mendoakan salah satu pihak atau sekelompok pihak agar mendapatkan berkat dari Allah SWT supaya kehidupannya semakin diberkati, memperoleh banyak rezeki, hingga terhindarkan dari marabahaya.

Setiap selamatan memiliki bacaan doa yang harus dibaca sesuai urutan. Mungkin tidak banyak yang mengetahui, jadi berikut ini adalah urutan bacaan doa selamatan atau syukuran yang benar.

Baca Juga: Doa Menghilangkan Rasa Sakit Seperti yang Diajarkan Nabi Muhammad SAW

Doa Selamatan atau Syukuran

Berikut ini adalah bacaan doa selamatan kelahiran anak, rumah baru, kelulusan, prestasi, pekerjaan, pernikahan, dan sebagainya dalam tulisan latin, hingga terjemahan Indonesia sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih secara lengkap. Langsung saja disimak.

Audzubillah himinasyaitonirrajim, Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahirabbil ‘alamin, Hamdan yuwafi ni’amahu wa yukafi u mazidah ya rabbana lakal hamdu kama yanbaghi lijalali wajhikal karimi wa’adzimi sulthanik.

Artinya:

“Aku berlindung kepada Allah SWT dari godaan setan yang terkutuk. Dengan menyebut nama Allah SWT Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Baca Juga: 5 Amalan Ketika Hujan

Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Dengan pujian yang sesuai (sebanding) dengan nikmatnya dan menjamin ditambah nikmatnya. Ya Tuhan kami, bagi-Mu segala puji dan segala apa yang patut atas keluhuran Dzat-Mu dan kemuliaan serta keagungan kekuasaan-Mu”.

Allahumma shalli ‘ala Sayyidina Muhammadin wa’ala ali Sayyidina Muhammad.

Allahumma innii as-aluka khoirol mauliji wa khoirol makhroji bismillaahi wa lajnaa wa bismillaahi khorojnaa wa’alallohi robbina tawakkalnaa. Allahumma ighfirli dzanbi, wa wassi’li fi daari, wa baarik li fi rizqi.

Artinya:

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat ta’dhim atas junjungan kami, yaitu Nabi Muhammad SAW dan juga keluarga junjungan kami, yaitu Nabi Muhammad SAW.”

“Ya Allah sesungguhnya kami memohon kepada-Mu sebaik-baik tempat masuk dan sebaik-baik tempat keluar,dengan nama Allah kami masuk dan dengan nama Allah kami keluar dan kepada Tuhan kami, kami berserah diri. Ya Allah ampunilah dosa-dosa kami dan lapangkanlah bagi kami di rumah-rumah kami ini”.

Allahhumma bariik lana fii rizqina wabariklana fii maishtina wa barik lana fii buyutina wa barik lana fii umrina wabarik lana fii umurina.

Artinya:

“Ya Allah berkahilah rizki-rizki kami, berkahilah kehidupan kami, berkahilah rumah-rumah kami, berkahilah umur kami, dan berkahilah setiap urusan kami”.

Allahuma sallimna wasalim dinana wasalim ‘ajsadana wasalim ‘amwalana min bala’ addunnya wa adhab lahirati. Wa qur rabbi adkhilni mudkhala sidqiw wa akhrijni mukhraja sidqiw waj’al li mil ladungka sultanan nasira.

Artinya:

“Ya Allah selamatkanlah kami, agama kami, fisik kami, harta benda kami dari bencana dunia dan siksa akhirat. Ya Tuhan kami, masukkanlah kami dengan cara yang benar dan keluarkanlah kami dengan cara yang benar, serta berikanlah kepada kami dari sisi Engkau kekuasaan yang menolong”.

Subhana rabbika rabbil ‘izzati ‘amma yasifuna wa salamun ‘alal mursalina wal hamdulillahi rabbil ‘alamina.

Artinya:

Maha Suci Allah yang mempunyai keperkasaan dari apa yang mereka katakan, dan kesejahteraan dilimpahkan atas para rasul, dan segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

Itulah pembahasan mengenai bacaan doa selamatan atau syukuran yang perlu disimak baik-baik.

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Berita terkait: