Leeds United Promosi ke Liga Utama Inggris

Leeds United promosi ke Liga Utama Inggris musim depan setelah 16 tahun tidak merasakan lagi kompetisi sepakbola tertinggi di Inggris itu. Kepastian ini diraih menyusul kekalahan West Brom dari Brentford.

Dengan hasil ini, maka pasukan Marcelo Bielsa langsung memastikan satu tempat di kompetisi kasta tertinggi Inggris musim depan. Leeds United yang kini mengoleksi 87 poin baru akan menantang Derby County pada Minggu (19/7/2020) besok.

Mereka memasuki laga ini dengan kepercayaan diri karena sudah memetik kemenangan pada empat laga terakhir secara beruntun.

Leeds United terdegradasi pada musim 2003-2004 dan selama bertahun-tahun mereka berjuang kembali ke Liga Utama Inggris di tengah krisis keuangan yang melanda klub dan situasi tidak nyaman di dalam tim.

Saat terdegradasi, Leeds ditinggal banyak pemain. Mereka dijual atau meninggalkan klub dengan status bebas transfer. Kondisi ini memaksa klub harus menjual pusat latihan dan stadion mereka untuk membayar utang.

Krisis demi krisis itu membuat klub itu juga terdegradasi ke League One pada musim 2006-2007 dan bermain di kompetisi level terendah selama tiga musim.

Pengangkatan pelatih asal Argentina, Marceloa Bielsa, pada awal musim 2018-2019 menjadi titik balik, meskipun musim lalu penampilan anak asuhnya mengecewakan karena peluang emas yang mereka dapatkan untuk promosi hilang pada kesempatan terakhir.

“Klub, para pendukung, dan para pemain berkorban sangat banyak selama 16 tahun. Menjadi bagian dari tim ini dan memimpin tim untuk promosi ke Liga Utama Inggris, tempat yang sudah lama kami rindukan, sulit dipercaya,” kata kapten tim, Liam Cooper kepada BBC Radio Leeds sebagaimana dikutip dari ESPN .

Berita terkait: