Lebih 75 Negara Dukung Akses Global Vaksin Covid-19

Sejumlah 75 negara telah menyampaikan pernyataan minat untuk melindungi populasi mereka dan orang-orang dari negara lain dari pandemi Covid-19 melalui bergabung dengan Fasilitas COVAX.

Seperti dilansir dari situs resmi who.int, Rabu (15/7), mekanisme COVAX Advance Market Commitment (AMC) dirancang untuk menjamin akses yang cepat, adil dan setara untuk vaksin Covid-19 di seluruh dunia.

Sejumlah 75 negara itu bergabung dengan 90 negara lain yang sudah didukung oleh COVAX Advance Market Commitment (AMC). Negara-negara tersebut akan membiayai vaksin dari anggaran keuangan publik mereka sendiri, dan bermitra dengan hingga 90 negara berpendapatan rendah yang dapat didukung melalui sumbangan sukarela untuk COVAX Advance Market Commitment (AMC) Gavi.

Secara bersama-sama, kelompok hingga 165 negara ini mewakili lebih dari 60% populasi dunia. Di antara kelompok tersebut adalah perwakilan dari setiap benua dan lebih dari setengah ekonomi G20 dunia.

Negara-negara yang mengajukan pernyataan minat termasuk Argentina, Armenia, Brasil, Kanada, Republik Ceko, Estonia, Finlandia, Islandia, Irlandia, Israel, Jepang, Kuwait, Luksemburg, Mauritius, Meksiko, Monako, Montenegro, Selandia Baru, Makedonia Utara, Norwegia, Portugal, Qatar, Republik Korea, San Marino, Arab Saudi, Swiss, Uni Emirat Arab, dan Inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *