Kurang Percaya Diri Karena Bekas Luka? Begini Cara Menghilangkannya

– Ketika mengalami luka biasanya akan menimbulkan bekas pada tubuh. Bekas luka akan membuat kulit menjadi terlihat jelek dan tidak bagus untuk penampilan. Apalagi, untuk wanita yang suka memakai gaun. Bekas luka di kaki akan sangat terlihat mengganggu.

Bekas luka pada kaki biasanya disebabkan melanin pada tubuh yang membentuk pigmen sehingga menimbulkan warna hitam. Bekas luka ini adalah suatu hal yang dapat dihilangkan. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bekas luka pada tubuh, seperti dilansir dari Brightside. 

1. Vaselin

Kurang Percaya Diri Karena Bekas Luka? Begini Cara Menghilangkannya - 1
Ilustrasi krim (Shutterstock)

Menurut penelitian, vaselin terbukti menjadi obat yang dapat menghilangkan bekas luka. Caranya hanya dengan mengoleskan vaselin secara rutin pada bekas luka. Selain itu, vaselin juga membantu kulit tetap terhidrasi sehingga tidak kering dan kasar. Vaselin sangat baik untuk menghilangkan bekas luka cacar air, jerawat, dan stretch mark.

Baca Juga: Bekas Jerawat Sangat Mengganggu? Samarkan dengan 2 Tips Ini!

2. Lidah buaya

Lidah buaya memang diketahui baik untuk perawatan kulit. Lidah buaya mengandung zat yang dapat meningkatkan proses regenerasi kulit serta memiliki efek antiinflamasi dan antiseptik pada kulit yang rusak. Penggunaan lidah buaya sangat baik untuk bekas luka pasca operasi. Cara menggunakannya hanya mengoleskan gel pada lidah buaya pada bagian kulit.

3. Bantalan silikon (hansaplast)

Penggunaan perban dengan gel silikon dapat membantu menghilangkan bekas luka. Biasanya kita dapat menemukan ini pada hansaplast. Penggunaan ini dapat meningkatkan hidrasi dan melindungi kulit yang terluka dari bakteri. Bantalan silikon sangat baik untuk menghilangkan bekas luka hipertrofik, seperti keloid.

4. Minyak esensial

Baca Juga: Alasan Mengapa Meghan Markle Menolak Kakinya Difoto, Apa Itu?

Mengusir Kecoa dengan minyak esensial. (Shutterstock)
Mengusir Kecoa dengan minyak esensial. (Shutterstock)

Minyak esensial dapat meningkatkan sintesis kolagen yang membawa sifat antiseptik, anti inflamasi, dan penyembuhan pada kulit. Minyak esensial ini dapat berupa cendana atau lavender. Penggunaan minyak ini, dipercaya dapat mendukung proses penyembuhan dan regeneratif jika digunakan secara teratur.

5. Tabir surya

Tabir surya dipercaya dapat melindungi kulit dari sinar ultraviolet yang dihasilkan matahari. Sinar ultraviolet dapat memperlambat proses regeneratif dan membantu sel menghasilkan pigmen sehingga membuat kulit berwarna hitam dan menyebabkan bintik. Penggunaan tabir surya dapat mengurangi risiko tersebut.

6. Ekstrak bawang

Ekstrak bawang memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan, dan antibaketi. Hal ini dapat berguna untuk menghilangkan bekas luka. Ekstrak bawang dipercaya ampuh menghilangkan bekas luka bakar dan pascaoperasi.

7. Sari cuka apel dan madu

Sari cuka apel mengandung sifat antimikroba dan antioksidan yang dipercaya sebagai desinfektan serta estrogen alami pada tubuh. Mencampurkan sari cuka apel dan madu rupanya dapat menghilangkan bekas luka pada kulit. sari cuka apel dan madu sangat ampuh untuk menghilangkan bekas luka jerawat.

8. Minyak zaitun dan minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung asam laurat, kaprilat, dan kaprat, yang membantu menyembuhkan kulit rusak dengan merangsang produksi kolagen. Sedangkan minyak zaitun kaya akan vitamin penting yang membantu proses penyembuhan bekas jerawat, serta menjaga kulit tetap terhidrasi dan bergizi. Cara menggunakannya dengan mengoleskan minyak ke bekas luka secara rutin. / Fajar Ramadhan

Berita terkait: