Kumpulan Doa Islami Supaya Lekas ‘Move On’, Lengkap dengan Latin dan Artinya

Menapaki jenjang baru sebagai pasangan suami-istri, tentu telah melalui berbagai rintangan yang menguji. Suka dan duka akan silih berganti mengiringi perjalanan biduk rumah tangga. Termasuk beranjak dari kenangan mantan. Sosok yang pernah dicintai atau mencintai, terkadang kembali mengetuk hati. Anak kekinian menyebutnya ‘belum bisa move on’.

Mengetahui bahwa cinta merupakan urusan hati, tak jarang ada yang merasa sulit mengendalikan. Ada saja keinginan untuk menghubungi mantan, mengaku sebagai teman. Namun seiring berjalannya waktu, mulai tumbuh cinta yang baru. Hingga lupa dengan pasangannya saat ini. Tegaskan pada diri untuk membatasi pada pertemanan saja.

Sebagai umat Islam, alangkah baiknya memohon perlindungan Allah SWT dalam memantapkan hati. Supaya tidak mudah terjerumus nafsu dan godaan kenikmatan duniawi. Menjalin hubungan dengan mantan, dikhawatirkan akan memicu perselingkuhan . Demi menjaga hubungan baru yang harmonis, bisa dengan mempertebal keimanan dan memanjatkan doa-doa khusus.

Berikut kumpulan doa Islami supaya bisa lekas melupakan mantan dan move on.

Masalah Hati dalam Hadis

Rasulullah SAW pernah menggambarkan betapa sulitnya mengendalikan hati manusia. Sebaiknya memasrahkan diri pada Allah SWT.

“Sesungguhnya hati bani Adam yang berada di antara dua jari Dzat Yang Maha-Rahman itu bagaikan satu hati saja. Dia selalu mengubah-ubahnya sesuai dengan kehendak-Nya,” (HR al-Tirmidzi).

hati© Horoscopedoor.net

Selain itu, menegaskan pula perumpamaan hati manusia yang mudah terombang-ambing.

“Rasulullah mengatakan: ‘Hati itu ibarat satu lembar bulu di atas tanah yang kosong. Ia terombang-ambing oleh angin, sehingga mudah terbolak-balik’.” (HR. Ahmad).

Hati memiliki sifat mudah berubah, maka disebut dengan kalbu atau qalbu. Jangan biarkan kehadiran mantan menjadi orang ketiga. Atau menjadi sosok yang membuat hati kita gundah. Biarkan waktu dan Tuhan yang membimbing.

Doa Memohon Kemantapan Hati, Lekas Move On

ilustrasi berdoa©Pixabay/AveCalvar

Terdapat beberapa doa dalam AlQuran dan hadis yang bisa dipanjatkan, supaya memantapkan hati. Doa ini diyakini mampu membantu diri untuk mudah move on dan percaya dengan keputusan hati dalam memilih pasangan. Berikut doa memohon supaya lekas move on, dilansir dari NU online:

1. Doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW

يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِي عَلَى دِينِكَ

Ya muqallibal qulub tsabbit qalbi ‘ala dinika 

Artinya: “Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati, tetapkanlah hatiku di atas agama-Mu” (HR al-Nasai’).

2. Menyambung doa dari AlQuran

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

Rabbana la tuzigh qulubana ba’da idz hadaitana wahablana min ladunka rahmatan innaka anta-l-wahhab

Artinya: “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha-Pemberi (karunia),” (Ali ‘Imran : 8).

3. Mohon diarahkan oleh Allah SWT

اللَّهُمَّ مُصَرِّفَ الْقُلُوبِ صَرِّفْ قُلُوبَنَا إِلَى طَاعَتِكَ

Allahumma, musharrifal qulub sharrif qulubana ila tha’atika

Artinya: “Ya Allah, Dzat yang mengurus seluruh hati, arahkanlah hati kami terhadap ketaatan kepada-Mu” (HR. Muslim).

Rasulullah memang tidak mengkhususkan doa tersebut untuk tujuan melupakan mantan. Tapi untuk hal yang berkenaan dengan itu dan hati, hingga tak mampu mengendalikan. Maka perbanyaklah membaca doa-doa di atas.

Yakinlah pada Allah, Dzat yang maha-membolak-balikan hati, sambil terus berikhtiar di jalan kebaikan. Sampaikan terus permohonan Anda, meski dalam bahasa sehari-hari.

Sikap Mantan yang Baik

004 ita malau

©2018

Sebagai mantan yang baik, sebaiknya juga menghargai hubungan baru yang sudah dibangun olehnya. Sembari mencari orang tepat untuk Anda. Tak perlu berkecil hati dan iri, atau sampai tega merusak hubungan orang lain.

Jangan biarkan nafsu dan keegoisan membelenggu. Tetap berpasrah pada Allah SWT. Supaya selalu dalam lindungan Tuhan. Jika tak bisa mengendalikan, kesempatan tersebut bisa dimanfaatkan oleh jin perusak hubungan orang lain. Anda bisa digiring untuk jadi orang ketiga dalam rumah tangga orang lain.

“Sesungguhnya iblis meletakkan singgasananya di atas air, kemudian mengirim pasukannya. Dan yang paling dekat kepada iblis dari pasukannya adalah setan yang bisa membuat fitnah yang paling besar. Salah satu dari mereka datang dan berkata, ‘Aku telah berbuat ini dan ini.’

Iblis berkata, ‘Kamu berlum berbuat apa-apa.’ Kemudian datang setan lain dan berkata, ‘ Aku tidak meninggalkannya sampai aku bisa memisahkan antara dirinya dengan istrinya.’ Maka iblis mendekatkan setan tersebut kepada dirinya dan berkata, ‘Sebaik-baik (pasukanku) adalah kamu’.” (HR Muslim No. 7284)

Tetaplah menjadi pribadi mantan yang baik. Sama-sama saling melupakan dan segera move on. Percayalah bahwa Tuhan telah mempersiapkan yang lebih indah, di balik rahasia Ilahi.

Berita terkait: