Kulit Lebih Sensitif dan Memburuk Sejak Pandemi? Menurut Pakar Kulit, Ini Sebabnya

Menurut dr. Arini Astasari Widodo, SpKK, seorang skin expert, ada yang namanya sensitive skin dan sensitized skin. Jenis yang pertama adalah kulit yang sensitif sejak lahir. Sementara sensitized skin adalah kulit yang berubah menjadi sensitif akibat faktor-faktor eksternal. Misalnya karena terpapar alergen dari makanan, tekstil, produk kecantikan, atau parfum pada deterjen.

Melalui acara launching produk make p:rem yang bertajuk Discover The Global Standard for Clean Beauty, dr. Arini mengatakan kalau kulit menjadi lebih sensitif merupakan masalah kecantikan yang cukup sering dijumpai sejak pandemi berlangsung.

Apa saja yang menjadi penyebabnya? Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Stres Bikin Kulit Lebih Sensitif

Penyebab utama kulit bermasalah sampai kesehatan yang memburuk selama pandemi adalah stres. Menurut dr. Arini, neuron (saraf) terhubung dengan seluruh bagian tubuh, termasuk kulit. Ketika si pemilik tubuh stres, tak mengherankan jika kulitnya ikut bermasalah.

2. Kurang Hidrasi Menjadikan Kulit Kering

Saat pandemi, bisa jadi kulit mengalami dehidrasi karena berbagai hal. Kurang minum misalnya. Jika kulit tidak terhidrasi dengan baik, tentu kesehatannya juga menurun. Kulit jadi terlihat lebih kering, kasar, kusam, dan tidak kenyal seperti biasanya.

3. Terlalu Lama di Dalam Ruangan Menjadikan Kulit Kering

WFH dan anjuran untuk di rumah saja membuat sebagian besar waktu kita dihabiskan di dalam ruangan. Kita jadi jarang bergerak, sehingga produksi keringat dan minyak berkurang.

4. Jarang Pakai Pelembap

Berada di rumah saja mungkin membuat Anda malas untuk memakai pelembap berkali-kali. Sekali saja sudah cukup, pikir Anda. Akibatnya kulit jadi lebih kering daripada biasanya.

5. Terlalu Lama Memakai Masker Memicu Jerawat

Masker memang harus dipakai rapat. Namun risikonya memang kulit jadi lebih mudah berkeringat dan berminyak dengan pertukaran oksigen yang rendah. Akibatnya kulit juga jadi rentan berjerawat. Terutama jika masker kain yang Anda gunakan tidak sering diganti.

Demikian berbagai penyebab kulit bermasalah selama pandemi yang perlu Anda sadari.

Baca juga:
Manfaat Vitamin C untuk Wajah, Menghidrasi hingga Menghilangkan Flek Hitam

Berita terkait: