Kulaifikasi FIBA Asia, Tim Basket Indonesia Siapkan 12 Pemain

Manajer timnas Basket Indonesia Fareza Tamrella akhirnya mengumumkan 12 pemain yang terpilih mengikuti lanjutan Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 yang dijadwalkan di Manama, Bahrain pada 28 November 2020 mendatang. Dari total 15 pemain yang ikut pelatnas, diputuskan hanya 12 nama yang akan berangkat ke Bahrain karena jumlah tersebut sesuai dengan aturan FIBA.

“Dengan berbagai macam pertimbangan dari management dan coaching staff untuk windows 2 akhirnya ditetapkan 12 pemain sebagai tim yang akan dibawa ke Bahrain. Komposisi ini merupakan komposisi yang seimbang untuk timnas basket kita dan harapannya setidaknya bisa meraih 1 kemenangan di Bahrain nanti,” ujar dia, Jumat (20/11/2020).

Pengumuman skuat timnas basket Indonesia dilakukan lewat akun media sosial mereka pada Kamis (19/11/2020). Dari hasil tersebut, terdapat tiga pebasket yang gagal bergabung dengan tim Merah Putih. Pemain yang tidak terpilih bisa kembali ke klubnya.

BACA JUGA

Timnas Basket Indonesia Dapatkan Amunisi Baru

12 pemain terpilih Timnas Basket Indonesia adalah Abraham Damar Grahita, Andakara Prastawa, Hardianus Lakudu, Vincent Rivaldi Kosasih, Kevin Yonas Sitorus, Arki Dikania Wisnu. Lalu ada juga Govinda Julian Saputra, Widyanta Putra Teja, Agassi Yeshe Goantara, Juan Laurent Kokodiputra, Brandon Jawato, dan Lester Prosper.

Skuat asuhan Rajko Toroman bisa dikatakan beruntung karena kini sudah bisa diperkuat Lester Prosper dan Brandon Jawato. Apalagi Jawato berstatus sebagai pemain keturunan Indonesia.

Skuat Garuda dijadwalkan bertolak ke Manama, Bahrain pada 22 November mendatang sebelum menghadapi Thailand enam hari berselang.

“Rencananya berangkat pada tanggal 23 pukul 00.15 WIB. Namun tanggal 22-nya pukul 21.00 malam timnas sudah harus ada di bandara. Tinggal persiapan administrasi seperti tiket, hasil PCR dan lain-lain,” jelasnya.

Ada 24 tim yang berlaga di Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021. Setelah tiga windows kualifikasi selesai, dua tim teratas dari setiap grup otomatis lolos ke Piala Asia 2021. Enam tim peringkat terakhir di setiap grup akan tereliminasi.

Sementara itu, enam tim yang menempati peringkat ketiga dari setiap grup akan bertanding di turnamen kualifikasi terpisah. Tim akan ditempatkan ke dalam dua grup berbeda.

Dua tim teratas dari masing-masing grup tersebut kemudian dapat mengunci satu slot di Piala Asia 2021, melengkapi daftar 16 tim yang juga akan bersaing di Kualifikasi Asia Piala Dunia FIBA 2023.

Berita terkait: