KPU Tuban tetapkan jumlah TPS sebanyak 2.237 unit

Sebelumnya 2.236 TPS, tapi ada satu TPS tambahan di lembaga pemasyarakatan Surabaya – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tuban, Jawa Timur, menetapkan total jumlah tempat pemungutan suara (TPS) untuk Pemilihan Kepala Daerah 2020 di wilayah setempat sebanyak 2.237 unit.

“Sebelumnya 2.236 TPS, tapi ada satu TPS tambahan di lembaga pemasyarakatan,” ujar Ketua KPU Tuban Fathul Ikhsan ketika dikonfirmasi dari Surabaya, Sabtu.

Penambahan TPS berdasarkan hasil pleno yang telah diumumkan, serta sesuai SE KPU RI yang menyatakan adanya satu TPS di lapas. “TPS di lapas nanti daftar pemilih tetapnya berasal dari penghuni Lapas itu sendiri,” ucap dia.

Jumlah TPS tersebut tersebar di 328 desa di 20 kecamatan di kabupaten Tuban.

Baca juga: Pertarungan orang baru rasa lama Pilkada Tuban 2020

Sedangkan, secara umum total DPT Pilkada Tuban yang akan dilangsungkan pada 9 Desember 2020 sebanyak 942.519 orang, yang terdiri dari 465.537 pemilih berjenis kelamin laki laki dan 476.982 perempuan.

Kendati sudah ditetapkan, kata dia, penambahan masih bisa dilakukan karena ada beberapa faktor, salah satunya belum termasuk pada DPT.

“Nanti ada daftar pemilih tetap tambahan, tapi sesuai dengan syarat berlaku. Di Peraturan KPU sudah diatur sehingga jangan khawatir bagi warga yang belum terdaftar,” tutur-nya.

Pilkada Tuban diikuti tiga pasangan calon, yaitu pasangan Khozanah Hidayati – Muhammad Anwar yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di nomor urut 1.

Kemudian pasangan yang Aditya Halindra Faridzki – Riyadi yang diusung tiga partai politik, yakni Partai Golkar, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera di nomor urut 2.

Serta pasangan Setiajit – R.M. Armaya Mangkunegara yang diusung PDI Perjuangan, Partai Gerindra, PPP, PAN, dan PBB mendapat di nomor urut 3.

Baca juga: KPU Tuban lakukan pengundian nomor urut peserta Pilkada

Berita terkait: