KPK Periksa Bupati Labuhan Batu Utara

Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) melakukan pemeriksaan terhadap Bupati Labuhan Batu Utara, Khairuddin Syah Sitorus bersama tiga orang anak buahnya. Pemeriksaan dilakukan terkait dalam kasus dugaan korupsi dana perimbangan keuangan daerah pasa RAPBN-P pada tahun anggaran 2018.

Pemeriksaan terhadap Khairuddin Syah Sitorus bersama tiga orang anak buahnya oleh penyidik KPK di Markas Kepolisian Resort (Mapolres) Labuhan Batu, Kamis (16/7/2020). Pemeriksaan ini sebagai bagian dari tindak lanjut operasi penggeledahan oleh petugas antikorupsi di sejumlah tempat, termasuk kantor Bupati Labuhan Batu Utara, sehari sebelumnya.

Pelaksana tugas (Plt) Juru Bicara KPK , Ali Fikri menyampaikan, pemeriksaan terhadap Bupati Labuhan Batu Utara ini untuk melengkapi berkas yang sedang ditangani. Penyidik juga melakukan pengumpulan alat bukti lain dari perkara tersebut. Selain memeriksa bupati, penyidik juga memeriksa sejumlah pihak swasta.

“Pemeriksaan terhadap Bupati Labuhan Batu Utara maupun bawahannya masih dalam kapasitas sebagai saksi. Ada juga dari pihak swasta berinisial MI alias A yang turut diperiksa sebelumnya. Tempat tinggalnya di kawasan Asahan juga sudah dilakukan penggeledahan,” katanya.

Disebutkan, pemeriksaan terhadap bupati dan serangkaian penggeledahan itu dilakukan petugas antikorupsi untuk mengumpulkan bukti tambahan terkait pengembangan perkara korupsi dana perimbangan keuangan daerah pada RAPBN-P 2018. Kasus ini menyeret mantan pegawai Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Yaya Purnomo. 

 

Berita terkait: