Kota Depok Ingin Jadi Prioritas Pertama dapat Vaksin COVID-19

Jakarta, – Pemerintah Kota Depok  di Provinsi Jawa Barat ingin wilayahnya menjadi prioritas dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19 tahap pertama.

“Kami minta warga untuk bersabar menunggu vaksin COVID-19 dan mengimbau agar warga tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, agar terhindar dari penularan COVID-19,” kata Penjabat Sementara Wali Kota Depok Dedi Supandi di Depok, seperti dilansir  ANTARA , Sabtu (17/10/2020).

Baca Juga: Hindari Penularan COVID-19, KPU Depok Buat Aturan Baru di TPS

1. Vaksin COVID-19 tersedia November 2020

Kota Depok Ingin Jadi Prioritas Pertama dapat Vaksin COVID-19Presiden Joko Widodo tiba di PT Bio Farma (Persero) Bandung untuk meninjau fasilitas produksi dan pengemasan Vaksin COVID-19, Selasa (11/8/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Dedi mengatakan, perkiraan vaksin COVID-19 sudah bisa tersedia pada akhir November 2020, dan pemerintah kota berupaya mendapatkan prioritas mengakses vaksin.

“Bersabar sambil menunggu vaksin. Akan tetapi bersabar di sini dalam konteks tetap berkarya dalam batas-batas yang diatur oleh protokol kesehatan,” ucapnya.

2. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sudah mengusulkan ke pemerintah pusat

Lanjutkan membaca artikel di bawah Editor’s picks

  • Amnesty: Lebih dari 150 Demonstran Penolak UU Cipta Kerja Ditangkap
  • Keutamaan Mandi Jumat, dapat Ampunan dan Pahala Seperti Berkurban
  • KontraS Data Orang Hilang dan Ditahan Saat Demo

Kota Depok Ingin Jadi Prioritas Pertama dapat Vaksin COVID-19/Debbie Sutrisno

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sudah mengusulkan kepada pemerintah pusat, agar Kota Depok menjadi daerah yang akan mendapatkan vaksin COVID-19 pada tahap pertama.

“Saya sudah mengusulkan ke pemerintah pusat bahwa warga pertama yang mendapat vaksin itu adalah warga Kota Depok,” kata Ridwan Kamil.

3. Kota Depok menjadi daerah tertinggi tingkat penularan COVID-19 di Provinsi Jawa Barat

Kota Depok Ingin Jadi Prioritas Pertama dapat Vaksin COVID-19Ilustrasi tes swab. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Ridwan Kamil menjelaskan, vaksin akan datang dalam dua kelompok yaitu kelompok pertama yang dibeli langsung datang pada November 2020, dan kelompok kedua yang diproduksi dalam negeri, yaitu Biofarma, baru Januari 2021 di mana Ridwan Kamil menjadi salah satu relawannya.

Ia mengatakan, Kota Depok menjadi daerah tertinggi tingkat penularan COVID-19 di Provinsi Jawa Barat, untuk itu vaksin yang dipesan oleh pemerintah pusat yang rencananya tiba November 2020, diprioritaskan bagi daerah yang memiliki tingkat penularan tinggi seperti Kota Depok.

Baca Juga: Kota Cimahi, Depok, Bogor, dan Kabupaten Bekasi Zona Merah COVID-19!

Berita terkait: