Konsisten Berkebaya, 7 Perempuan Terima Penghargaan Anugerah Kebaya Indonesia

Tujuh perempuan terpilih sebagai penerima penghargaan Anugerah Kebaya Indonesia dalam Kongres Berkebaya Nasional (KBN) pada 5-6 April 2021. Ketujuh perempuan itu dinilai konsisten memakai kebaya dalam segala kesempatan.

Mereka adalah Martha Tilaar, Anne Avantie, Sundari Sukoco, Nafsiah Mboy, Endah Laras, Ni Luh Djelantik, dan Christine Dessynta (saat ini berdiam di Swiss).

BACA JUGA

Kemko PMK Canangkan Gerakan Selasa Berkebaya

“Mereka terpilih karena selalu konsisten berkebaya tiap saat, kapan pun dan di mana pun, selalu setia mempromosikan penggunaan kebaya,” kata Ketua Panitia KBN 2021, Lana T Koentjoro, dalam siaran pers yang diterima Rabu (7/4/2021).

Lana mengatakan, ketujuh perempuan itu juga dikenal sebagai ikon atau figur publik yang sering atau rutin berkebaya. Mereka juga dianggap selalu setia mempromosikan penggunaan kebaya.

Lana mengatakan, kebaya juga bisa dikatakan sebagai salah satu alat pemersatu bangsa Indonesia. Terbukti hampir di seluruh belahan Nusantara memiliki ragam kebaya hanya berbeda sebutan atau desainnya tetapi pakem kebaya tetap ada dan selalu sama.

BACA JUGA

Era Soekamto Aktif Kampanyekan Budaya Lewat Busana Kebaya

Menurut Lana, kebaya kembali mendapat perhatian masyarakat dan pemerintah Indonesia seiring tumbuhnya kesadaran mengenai kekayaan budaya Indonesia.

“Hal ini ditandai dengan maraknya kemunculan berbagai komunitas perempuan yang bertujuan mengangkat kembali kebaya sebagai busana tradisional kebanggaan Indonesia, yang dapat digunakan di dalam setiap aktivitas sehari-hari,” ujarnya.

Berita terkait: