Komjak Pastikan Dalami Foto Oknum Jaksa dengan Djoko Tjandra

Komisi Kejaksaan (Komjak) memastikan bakal mendalami laporan dari Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) mengenai adanya dugaan oknum jaksa di Kejaksaan Agung (Kejagung) yang menemui buronan perkara pengalihan hak tagih Bank Bali, Djoko Tjandra . Dalam laporannya ke Komjak, MAKI turut melampirkan bukti foto oknum Jaksa berinisial P tersebut yang sedang berpose bersama dengan Joko Tjandra. Laporan yang disampaikan MAKI memperkuat informasi yang telah diperoleh Komjak sebelumnya.

“Sebelumnya juga sudah ada informasi itu, kemudian ini disampaikan secara resmi oleh MAKI. Jadi kita tentunya akan meneliti, memverifikasi dokumen-dokumen khususnya foto dan surat yang disampaikan,” kata Ketua Komjak, Barita Simanjuntak saat dikonfirmasi, Jumat (24/7/2020).

Baca juga:  Pengacara Djoko Tjandra Dicegah ke Luar Negeri

Barita menegaskan, Jaksa P tak hanya melanggar kode etik, tetapi juga pidana jika terbukti berfoto bersama Djoko Tjandra. Hal ini lantaran Djoko Tjandra merupakan buronan Kejaksaan Agung sejak 2009. “Kalau memang betul berfoto bersama buronan itu kan perbuatan pidana. Itu harus dihukum, karena kalau benar itu oknum penegak hukum kan tidak boleh, model apa seperti itu. Kan harus memberikan contoh,” tegas Barita.

Apalagi dari laporan MAKI, Jaksa P diduga berfoto bersama Joko Tjandra di luar negeri. Komjak akan mendalami informasi tersebut dengan menanyakan kepada Pengawas Internal Kejaksaan Agung. “Apakah ini sudah dilakukan pemeriksaan pengawasan internal, itu juga kan kami perlu mengecek. Karena kalau sudah diperiksa pengawas internal kita justru menunggu hasil pemeriksaan,” kata Barita.

Berita terkait: