Kolaborasi Kunci Sukses Bisnis Digital yang Makin Kompetitif

Pembuat konten Imam Priyono coba berbagi pengalaman saat terjun ke dalam bisnis digital. Mantan jurnalis ini memandang semua pengusaha kini tengah berupaya untuk menembus pasar digital.

“Ekosistemnya mungkin masih bisa dimasuki banyak pihak, dan teman-teman pengusaha saya rasa punya kesadaran yang sama. Saya rasa apapun jenis usahanya semua sedang masuk ke konten digital,” kata Imam dalam sesi talkshow virtual bersama BNPB, Selasa (23/2).

Situasi tersebut kemudian berdampak pada produksi konten digital yang semakin profesional. Persaingan konten digital juga semakin sengit dan berlomba-lomba merebut jumlah viewer.

“Jadi buat temen-temen yang masuk ke ruang digital saran saya semakin profesional, semakin ngulik lagi, karena memang persaingannya akan semakin kompleks,” imbuh Imam.

Tak lupa, dia juga menekankan pentingnya kolaborasi ketimbang terus-terusan bersaing. “Kalau sekarang kan eranya tidak hanya kompetisi, eranya kolaborasi. Kayak pengacara kalau harus belajar broadcast untuk masuk digital kan sulit, mendingan kita kolaborasi,” jelasnya.

Selanjutnya

kolaborasi kunci sukses bisnis digital yang makin kompetitif

Imam berharap semua pelaku bisnis mau terus mempelajari dan memanfaatkan ekosistem digital ini. Sebab, saat ini semakin banyak profesional yang terjun berkecimpung di ranah internet.

“Tapi memang ada kondisi kekinian, sekarang di ekosistem digital sudah mulai banyak orang-orang profesional sudah masuk ke sana. Jadi kualitas kontennya lebih baik, lebih challenging,” sebutnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana
Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Turunkan Biaya Logistik, Asosiasi Dorong Percepatan Digitalisasi di Pelabuhan
OJK Nilai Bank Digital Bakal Ciptakan Lapangan Kerja Baru
OJK Bakal Wajibkan Pendirian Bank Digital Kantongi Modal Rp 10 Triliun
OJK Sebut Banyak Investor Asing Sudah Melirik Potensi Bank Digital RI
Amazfit GTR 2e, Smartwatch Keren Pendukung Gaya Hidup Sehat
Menteri Sri Mulyani Sebut 20.000 Desa di Indonesia Belum Rasakan Internet
Perkembangan Zaman Menuntut Perbankan Lakukan Transformasi Model Bisnis

Berita terkait: