Kiat bikin konten viral di TikTok ala Jebung dan Rensia Sanvira

Aku berusaha melakukan itu dalam waktu lama atau longrun, dan aku bisa pertanggungjawabkan Jakarta – Dua kreator TikTok Jessica Bunga alias Jebung dan Rensia Sanvira membagikan kiat mereka untuk membuat video pendek di TikTok agar bisa menjangkau banyak orang atau viral, baik di TikTok hingga di media sosial lainnya.

Menurut Jebung, kreator TikTok yang dikenal melalui cover-cover lagunya, hal paling penting dalam menjadi seorang kreator adalah menjalani hal tersebut dengan suka cita agar bisa konsisten dalam berkarya.

“Aku berusaha melakukan itu dalam waktu lama atau longrun , dan aku bisa pertanggungjawabkan. Dan, mungkin terdengar klise, tapi, hal lainnya adalah jadilah dirimu sendiri ketika membuat konten,” kata Jebung dalam konverensi pers virtual, Rabu.

Baca juga: TikTok Awards Indonesia 2020 hadirkan “awarding” hingga kolaborasi

“Ketika kita membuat konten dan mencoba jadi diri sendiri, maka akan lebih mudah rasanya. Keluarkan versi terbaik dari dirimu sendiri. Terlebih, TikTok itu platform yang membuat kita bebas untuk mengekspresikan diri kita,” imbuhnya.

Jebung mengatakan, ia merasa senang ketika berada di proses kreatif pembuatan video. “Pas mencari ide sebelum bikin video itu proses yang paling menyenangkan,” katanya.

Ia menambahkan, ketika membuat konten video secara tulus dan mendapatkan apresiasi dari audiens, menjadi kesenangan dan semangat baginya untuk terus berkarya dan berbagi.

“Saat ada orang yang DM dan bilang kalau mereka tergerak untuk lakukan hal positif karena video aku, hal-hal kecil itu membahagiakan banget, membuatku merasa aku bisa berdampak ke orang lain dan mereka ikut berkarya,” kata Jebung.

Baca juga: Populer di TikTok, Terry aransemen ulang “Di Persimpangan Dilema”

Sependapat dengan Jebung, Rensia Sanvira mengatakan bahwa hal terpenting adalah harus mampu menikmati proses berkarya, dan mengerti bidang apa yang ingin dituju; misalnya musik, DIY, atau bahkan parenting.

“Kalau misalnya mau bikin konten, kita harus enjoy dan tahu bidang apa yang kita suka. Karena kalau enggak enjoy, nanti kita enggak bakalan lama (tidak konsisten),” kata Rensia yang merupakan kreator TikTok yang membahas serba-serbi parenting itu.

Lebih lanjut, Rensia mengatakan, penting juga bagi kreator untuk mendengarkan masukan dari audiens. Selain membuat konten terus relevan seiring berjalannya waktu, hal itu juga menguatkan engagement kreator dan pemirsanya.

Rensia berpendapat, teknologi saat ini bisa menghubungkan banyak orang dengan konten yang beragam, tak terkecuali bagi ibu rumah tangga seperti dirinya untuk berbagi hal yang ia suka dan bermanfaat bagi orang lain.

“Sebagai ibu rumah tangga, mungkin banyak yang mengubur mimpinya, dan mungkin mereka punya banyak kelebihan dan potensi. Dengan platform ini kayak bisa menunjukkan kalau saya juga ibu rumah tangga, tapi kalau ada sesuatu dan passion , ayo kembangkan,” pungkasnya.

Baca juga: YouTube rayakan keberagaman kreator konten wanita Indonesia

Baca juga: Tips membuat konten dari Evan “Hobby Makan”

Baca juga: Konten hingga kreator terpopuler di TikTok selama 2019

Berita terkait: