Ketua KPU: Pencoblosan di Indonesia Paling Transparan di Dunia

– Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengemukakan proses atau tahapan pencoblosan Pemilu atau Pilkada di Indonesia paling transparan di dunia. Banyak negara lain yang ingin melihat dan belajar dari proses di Indonesia.

“Tahap pencoblosan Pemilu atau Pilkada di Indonesia paling transparan. Ini tidak ada di negara lain,” kata Arief dalam webinar bertema “Pilkada Sehat di Masa Pandemi” di gedung BNPB, Jakarta, Jumat (20/11/2020).

BACA JUGA

Kemdagri: Pelaksanaan Kampanye Pilkada 2020 Terkendali

Ia menjelaskan pada tahapan pencoblosan atau pemungutan suara di Indonesia, siapa saja bisa menyaksikan. Yang penting tidak masuk dalam Tempat Pemungutan Suara (TPS), kecuali yang pemilih.

Bagi pemilih, kertas suara didapat sendiri, dipegang sendiri, tusuk sendiri. Pemilih yang lain bisa melihatnya secara terbuka, kecuali ketika masuk bilik suara.

“Pemantau, peserta Pemilu, masyarakat boleh pantau. Prosesnya sangat transparan. Banyak negara yang menyaksikan proses transparan ini,” ujar Arief.

Dia mengaku senang karena dalam pelaksanaan debat Pilkada 2020, banyak Pasangan Calon (Paslon) yang sudah mengangkat tema tentang penanganan Covid-19 . Dia juga mengapresiasi karena sejauh ini pelaksanaan kampanye cukup lancar dan aman. Terutama pelaksanaan kampanye bisa dicegah kerumunan massa dalam jumlah banyak guna menghindari penyebaran Covid-19.

“Sebagian besar mematuhi. Memang di beberapa tempat ada pelanggaran atau kerumunan karena fanatisme. Calon memang tidak desain itu (kerumunan), tapi masyarakat yang ke sana (tempat kampanye,” tutur Arief.

BACA JUGA

Tidak Netral di Pilkada, Tjahjo: 499 ASN Ditindak

Berita terkait: