Kepala Daerah di Sumut Diminta Siapkan Mitigasi Bencana

Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi , meminta kepala daerah di Sumut untuk menyiapkan mitigasi bencana . Ini penting dipersiapkan dalam penanganan bencana mengantisipasi adanya korban di tengah masyarakat.

“Kita meminta kepala daerah untuk terus melakukan koordinasi dengan aparat TNI dan Polri dalam mengantisipasi bencana di tengah masyarakat di daerah,” ujar Edy Rahmayadi di Medan, Minggu (18/10/2020).

BACA JUGA

BNPB Sebut Indonesia Masuk 35 Negara Dengan Risiko Tinggi Bencana

Mantan Pangkostrad ini juga meminta kepala daerah untuk segera memberikan laporan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut jika terjadi bencana banjir dan longsor di daerah. Pemerintah daerah diminta berkoordinasi jika membutuhkan bantuan.

“Segera laporkan apa yang menjadi kebutuhan dalam penanganan bencana. Pasti saya tindaklanjuti, dan akan langsung mengirimkan kebutuhan yang diperlukan dalam penanganan bencana di daerah,” katanya.

BACA JUGA

BMKG Dorong Peningkatan Mitigasi Bencana di Indonesia

Menurut Edy, penanganan bencana harus bisa dilaksanakan dengan cepat. Sehingga, masyarakat yang terdampak bencana tidak membuat masyarakat semakin susah.

Oleh karena itu, perlu disiapkan mitigasi penanganan bencana, yang melibatkan semua pihak. Sehingga, begitu sesuatu yang tidak diinginkan terjadi, petugas langsung turun membantu masyarakat.

BACA JUGA

Gubernur Sumut Minta Daerah Tingkatkan Pengawasan

“Penanganan berjalan cepat karena sebelum bencana sudah melakukan koordinasi. Sehingga, petugas yang diturunkan sudah mengetahui peran dan tugasnya masing-masing. Masyarakat membutuhkan kecepatan penanganan bencana,” sebutnya.

Berita terkait: