Kemsos Pastikan Kebutuhan Korban Banjir Masamba Terpenuhi

Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemsos) memastikan seluruh kebutuhan masyarakat terdampak banjir bandang Sungai Masamba di Kabupaten Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan terpenuhi. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Sosial Juliari Batubara saat menyerahkan santunan korban meninggal di kantor Bupati Luwu Utara, Jumat (17/7/2020).

“Ibu bapak sekalian tidak perlu ragu komitmen Presiden Jokowi dalam mewujudkan negara hadir membantu warga disetiap bencana seperti di Luwu Utara ini. Ibu Bupati tidak perlu sungkan atau ragu jika membutuhkan tambahan bantuan dari kami. Kami siap menambah,” ujar Juliari Batubara dalam keterangan tertulisnya, Jumat (17/7/2020). 

Dikatakannya kebutuhan pengungsi yang paling mendasar saat ini adalah makanan dan air bersih. Ia sudah meminta anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) agar dapur umum terus beroperasi menyediakan makanan untuk para pengungsi.

Bantuan yang diberikan Kemsos hingga saat ini mencapai Rp 2 Miliar terdiri dari bantuan logistik, peralatan kebersihan dan santunan bagi korban meninggal dunia.

“Kita pastikan semua korban meninggal dunia dapat santunan. Hingga saat ini telah diberikan santunan kepada 23 ahli waris. Bantuan ini akan bertambah seiring masih adanya korban yang belum diketemukan,” tambah Juliari Batubara.

Kedatangan Menteri Sosial ke kabupaten Luwu Utara didampingi Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Pepen Nazaruddin dan Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Safii Nasution untuk meninjau langsung pemberian bantuan, santunan, serta dukungan psikososial bagi masyarakat Luwu Utara yang menjadi korban banjir bandang.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu Utara akibat bencana banjir bandang ada 14.483 jiwa mengungsi terdiri dari 7.748 jiwa dari Masamba, 5.808 jiwa dari Baebunta, dan 927 jiwa dari Sabbang. Jumlah korban meninggal dunia yang sudah teridentifikasi 32 orang dan yang masih dalam pencarian 16 orang. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *