Kemlu Pulangkan 122 WNI Jemaah Tabligh dari India, 237 Masih Tertahan

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi hari ini mengatakan sebanyak 122 WNI jemaah tabligh di India kini telah berhasil dipulangkan ke Indonesia.

Komunikasi dengan jemaah yang terus dilakukan oleh perwakilan Indonesia di India kini membuahkan hasil. Mereka tiba di Indonesia pada Kamis dini hari, dan saat ini total WNI jemaah tabligh yang dipulangkan sebanyak 515 orang.

“KBRI New Delhi kemarin telah memfasilitasi repatriasi 122 WNI jamaah tabligh dari india, dan Alhamdulillah mereka sudah tiba di Indonesia pada kamis dini hari, total saat ini sebanyak 515 orang atau dua per tiga dari totalnya,” jelas Retno Marsudi, dalam konferensi pers virtual, Kamis (17/9).

Retno mengatakan upaya pemulangan WNI jemaah tabligh di tengah pandemi bukanlah perkara yang mudah, seluruh Kementerian Luar Negeri baik yang berada di Indonesia maupun India turut membantu dalam proses tersebut.

“Repatriasi 122 WNI jemaah tabligh merupakan kesinambungan hasil dari berbagai upaya yang terus dilakukan baik tim yang berada di New Delhi dan Mumbai, ataupun upaya yang dilakukan antara capital to capital agar saudara kita tersebut dapat kembali ke Tanah Air,” jelasnya.

Namun upaya repatriasi ini terus berlanjut lantaran sebanyak 237 WNI jemaah tabligh masih tertahan di India. Mereka tersebar di sejumlah negara bagian seperti New Delhi, Maharashtra, Karnataka, Jharkhand, Uttar Pradesh, Telangana, dan Tamil Nadu.

Selain indonesia, adapun beberapa negara yang merupakan jemaah tabligh juga masih berada di India.

Reporter Magang: Galya Nge [pan]