Kemenhub di Pekan Nasional Keselamatan Jalan: Tingkat Kecelakaan di RI Masih Tinggi

Dalam rangka pekan nasional keselamatan jalan 2020, Kementerian Perhubungan menggelar pekan sepeda nasional 2020. Hal ini dimaksudkan sebagai salah satu bentuk kampanye pemerintah mengenai keselamatan jalan.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi, menyampaikan kecelakaan lalu lintas di Indonesia masih relatif tinggi. Maka dari itu, sosialisasi atau kampanye keselamatan jalan ini menjadi sangat penting.

“Intinya kita adalah berkampanye, atau menyampaikan, mengedukasi mendidik masyarakat bahwa keselamatan jalan dalam rangka transportasi itu sangat penting sekali,” ujar dia, Sabtu (17/10).

Dengan demikian, lanjut Budi, pemerintah memiliki banyak program untuk melakukan sosialisasi agar masyarakat dapat memahami dan memenuhi regulasi dalam keselamatan jalan. Disebutkan Budi, salah satunya pesepeda kini telah dilindungi melalui Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 59/2020 tentang keselamatan pesepeda.

“Jadi pasca kita merumuskan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 59 tentang keselamatan bersepeda, kita juga ingin mengajak masyarakat bahwa sepeda sekarang sudah dilindungi oleh undang-undang penggunaannya dari aspek keselamatan. Jadi untuk itu kita ada virtual fun bike, kemudian juga ada pameran sepeda juga, ada Talk Show dan juga FGD tentang itu semuanya,” kata Budi.

Adapun garis besar dari peraturan tersebut, diantaranya pemakaian helm untuk pesepeda yang menggunakan sepeda dengan kecepatan tinggi. Menggunakan atribut dengan reflektor dan lampu di malam hari, dan juga harus menggunakan jalur yang telah disediakan.

Kemenhub Harap Sepeda Bisa Jadi Alternatif Transportasi, Tak Hanya Sekadar Gaya Hidup

sepeda bisa jadi alternatif transportasi tak hanya sekadar gaya hidup

Tren sepeda menjadi alat transportasi mendadak booming saat ini. Selain menjadi alat transportasi, sepeda pun dinilai bisa menjadi sarana olahraga. Namun demikian, belum banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan sepeda untuk kepentingan transportasi sehari-hari.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Budi Setiyadi berharap, penggunaan sepeda bisa digunakan sebagai sarana pengganti transportasi umum untuk menghindari penyebaran covid-19.

“Saya melihat di media sosial bahwa pembelian sepeda itu meningkat, mungkin sebelumnya meningkat demand nya juga meningkat, artinya masyarakat banyak yang berminat,” kata Budi dalam Konferensi Pers, Jumat (26/6).

Dia mencontohkan, penggunaan sepeda di beberapa negara salah satunya di Tokyo, di mana penggunaan sepeda di negara tersebut cukup tinggi, dan menjadikan sepeda sebagai alternatif transportasi oleh masyarakat untuk menghindari penyebaran covid-19.

Namun, berbeda dengan di Indonesia. Dia melihat penggunaan sepeda hanya untuk lifestyle saja, misalnya untuk berolahraga dan hobi saja, lalu mengunggah foto ke media sosial bahwa dirinya bersepeda. Memang sedang menjadi tren di era new normal ini.

“Saya belum melihat di Indonesia belum banyak kecenderungan di masyarakat digunakan untuk kepentingan pribadi, pergerakan dari satu tempat ke tempat lain, dari rumah ke sekolah atau ke pasar menggunakan sepeda mungkin, tapi di Indonesia sekarang ini sepeda lebih untuk kegiatan olahraga atau jalan ramai-ramai untuk foto-foto,” katanya.

Dia berharap, sepeda bisa digunakan untuk kepentingan kegiatan sehari-hari. Di DKI Jakarta saja pemerintah daerahnya sudah mengatur infrastruktur sepeda di beberapa jalur seperti di Sudirman dan Thamrin, tinggal bagaimana mendorong masyarakat untuk menggunakan sepeda untuk kegiatan sehari-hari.

Reporter: Pipit Ika Ramadhani

Sumber: Liputan6

Baca juga:
Menhub Budi Ajak Masyarakat Bersepeda Tingkatkan Imunitas Tangkal Covid-19
Menhub Budi Karya Jajal Integrasi Antar Moda Transportasi, Naik KRL hingga Bersepeda
Menhub Budi Ingin Masyarakat Bersepeda Tak Hanya Akhir Pekan
Pengetatan PSBB di Ibu Kota, Pengguna Sepeda Kian Ramai
Aksi Bersepeda dengan Balutan Kebaya
Panduan Aman Bersepeda bagi Mereka yang Memiliki Penyakit Jantung
Pesan Pemerintah Kepada Pesepeda Usai Aturan Keselamatan Bersepeda Resmi Terbit

Berita terkait: