Kemarin,vaksin perdana Presiden hingga tolak kampanye antivaksin

Jakarta – Sejumlah berita humaniora kemarin yang menarik untuk disimak, mulai dari sejumlah menteri, tokoh, pejabat, artis, pedagang, guru, hingga buruh menjalani vaksinasi perdana bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (13/1), hingga PBNU tolak tegas kampanye antivaksin.

Berikut berita-berita tersebut:

1. Menteri Kesehatan harap 70 persen masyarakat Indonesia ikuti vaksinasi

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin berharap agar 70 persen masyarakat di Indonesia mau mengikuti vaksinasi COVID-19 agar tercipta kekebalan komunitas ( herd immunity ).

“Jadi seluruh 70 persen dari umat manusia di dunia harus bisa divaksinasi agar tujuan itu tercapai. Partisipasi dari teman-teman, dari seluruh rakyat Indonesia akan sangat menentukan keberhasilan program ini,” kata Budi Gunadi di kompleks Istana Negara Jakarta, Rabu.

2. Panglima : Seluruh prajurit TNI ikuti dan sukseskan vaksinasi COVID-19

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan seluruh prajurit TNI akan mengikuti dan mensukseskan program vaksinasi COVID-19.

“Pagi hari ini saya akan melaksanakan vaksinasi COVID-19 dan saya juga berharap kepada seluruh prajurit TNI dan masyarakat untuk juga mengikuti dan mensukseskan program vaksinisasi,” kata Hadi di Istana Negara, Jakarta, Rabu.

3. Sejumlah hal ditanyakan ke Presiden Jokowi sebelum divaksin

Presiden Joko Widodo mendapatkan sejumlah pertanyaan dari tim vaksinasi terkait riwayat kesehatan sebelum menjalani vaksinasi COVID-19 yang diikuti oleh sejumlah tokoh dan pejabat.

Presiden Joko Widodo menjalani vaksinasi perdana di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu, dengan melalui sejumlah tahapan terlebih dahulu.

4. PBNU tolak tegas kampanye anti-vaksin COVID-19

Rais Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ahmad Ishomuddin mengatakan pihaknya menolak tegas kampanye anti-vaksin COVID-19.
Ahmad di lingkungan Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, mengatakan program vaksinasi COVID-19 dari pemerintah menggunakan vaksin yang aman.

5. Menteri-tokoh-artis hingga buruh divaksin perdana bareng Presiden

Para menteri, tokoh, pejabat, artis, pedagang, guru, hingga buruh menjalani vaksinasi perdana bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu.

Pemerintah resmi memulai program vaksinasi COVID-19 secara gratis pada Rabu pagi, 13 Januari 2021. Presiden Joko Widodo menjadi pihak pertama yang memulai sekaligus memperoleh suntikan dosis vaksin COVID-19 perdana.

Berita terkait: