Kemarin, potensi hujan lebat hingga 2.276 bencana Januari – Oktober

Jakarta – Sejumlah berita humaniora kemarin, Minggu (18/10), telah menarik perhatian banyak pembaca, mulai dari BMKG yang mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan lebat akibat pengaruh MJP di fase awal La Nina, Biofarma yang menyebutkan program vaksinasi harus dikawal dengan baik hingga 2.276 bencana alam yang terjadi sepanjang Januari hingga 17 Oktober.

Berikut adalah berita-berita menarik yang masih layak untuk dibaca kembali tersebut.

Waspada potensi hujan lebat akibat pengaruh MJO di fase awal La Nina

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai dampak hujan lebat yang berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Indonesia akibat pengaruh gelombang MJO (Madden Julian Oscillation) pada fase awal La Nina.

“Aktivitas La Nina dan MJO pada saat yang bersamaan ini dapat berkontribusi signifikan terhadap pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia,” kata Deputi Bidang Meteorologi Guswanto dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu.

Berita selengkapnya tentang La Nina dan MJO bisa dibaca di sini .

Baca juga: BNPB terbitkan surat edaran peringatan dini cuaca ekstrem

Biofarma: Program vaksinasi harus dikawal dengan baik

Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir mengatakan program vaksinasi COVID-19 harus dikawal sebaik mungkin oleh seluruh pemangku kepentingan.

“Oleh karenanya, program vaksinasi COVID-19 ini harus dikawal sebaik mungkin oleh seluruh pemangku kepentingan, sehingga program ini dapat berjalan sesuai prosedur, dan juga dieksekusi agar masyarakat yakin bahwa vaksin yang akan diberikan sudah sesuai dengan peraturan dari Badan POM,” ujar Honesti Basyir dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu.

Kelanjutan berita tentang program vaksinasi COVID-19 tersebut bisa dibaca di sini .

Baca juga: 1.620 relawan tuntas dapat suntikan pertama vaksin COVID-19

2.276 bencana alam terjadi sepanjang Januari hingga 17 Oktober

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sebanyak 2.276 bencana alam terjadi di seluruh wilayah Indonesia sepanjang Januari hingga 17 Oktober 2020.

Dikutip dari keterangan resmi BNPB di laman Twitter, Sabtu, mayoritas bencana tersebut merupakan bencana hidrometeorologi atau bencana yang terjadi sebagai dampak dari fenomena meteorologi/alam.

Selengkapnya bisa dibaca di sini .

Baca juga: Mukomuko Bengkulu kembali diguncang gempa M5,3

Berita terkait: