Kemarin, pasar saham respons vaksinasi hingga kunjungan Menlu China

suatu strategi yang baru untuk menunjukkan keamanan dari vaksin COVID-19 Jakarta – Sebanyak lima berita mengenai ekonomi yang disiarkan Kantor Berita pada Rabu (13/1) masih menarik untuk dibaca kembali pada Kamis ini.

1. Presiden disuntik vaksin, pasar saham bergerak positif

Kepala Divisi Riset Mirae Sekuritas Hariyanto Wijaya menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menjadi orang pertama menjalani vaksinasi COVID-19 buatan Sinovac pada hari ini akan membangun kepercayaan masyarakat terkait keamanan vaksin tersebut.

” Good things -nya adalah Pak Jokowi, itu sebagai orang yang pertama divaksin. Kenapa ia harus sebagai orang yang pertama? Menurut kita itu adalah suatu strategi yang baru untuk menunjukkan keamanan dari vaksin COVID-19 di mana itu akan mem- build confidence ,” ujar Hariyanto di Jakarta, Rabu.

Baca selengkapnya di sini

 

2. Bank Mandiri siap salurkan bansos pemerintah Rp18,6 triliun tahun ini

Bank Mandiri siap menyalurkan bantuan sosial (bansos) pemerintah senilai Rp18,6 triliun untuk 2021 atau lebih tinggi dibandingkan tahun 2020 mencapai Rp13,5 triliun.

Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri Rohan Hafas di Jakarta, Rabu, menjelaskan tahun ini bansos pemerintah yang disalurkan melalui bank BUMN tersebut terdiri dari Program Keluarga Harapan (PKH) kepada 2,1 juta penerima dan program sembako sekitar 4,3 juta penerima.

Baca selengkapnya di sini

 

3. Menko Luhut ajak Menlu China Wang Yi nikmati pesona Danau Toba

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengajak Menteri Luar Negeri (Menlu) China Wang Yi untuk menikmati panorama perbukitan di Kaldera dan mengunjungi beberapa tempat bersejarah yang ada di sekitar Danau Toba, Sumatera Utara.

Hal itu dilakukan Menko Luhut di sela kunjungan Menlu China Wang Yi di Indonesia selama 12-13 Januari 2021, dalam rangkaian safari Menlu Wang Yi ke sejumlah negara ASEAN.

Baca selengkapnya di sini

 

4. Menparekraf ajak insan pariwisata ikut vaksinasi COVID-19

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengajak seluruh insan pariwisata dan ekonomi kreatif di Tanah Air menyukseskan vaksinasi COVID-19, yang dijalankan pemerintah sebagai salah satu strategi utama menyelesaikan masalah pandemi.

“Saya menyambut baik karena pada hari yang sangat bersejarah ini vaksin mulai didistribusikan. Dengan kepemimpinan Pak Jokowi sebagai orang yang pertama menerima vaksin ini memberikan rasa yang sangat fundamental kepada masyarakat untuk semua berpartisipasi mendukung program vaksinasi ini,” kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Rabu.

Baca selengkapnya di sini

 

5. Imbas pandemi, pemerintah akan kurangi pembangunan pembangkit listrik

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kemungkinan akan mengurangi kapasitas pembangkit listrik yang akan dibangun dalam 10 tahun ke depan karena imbas pandemi Covid-19.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana dalam jumpa pers virtual, Rabu, menjelaskan pemerintah tengah membahas Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) periode 2021-2030 di mana ada pengurangan kapasitas pembangkit listrik yang dibangun sekitar 15,5 Giga Watt (GW).

Baca selengkapnya di sini

Baca juga: Menko Luhut terima Menlu China di Danau Toba, bahas investasi
Baca juga: Luhut: China terus berinvestasi di kawasan Danau Toba
Baca juga: Vaksin bisa jadi angin segar bagi sektor pariwisata 2021

Berita terkait: