Kemarin, banjir di Kalimantan Selatan hingga gempa di Sulawesi Barat

Jakarta – Sejumlah berita humaniora berkaitan dengan bencana menjadi perhatian banyak pengunjung news.com pada Jumat (15/1), mulai dari banjir di Kalimantan Selatan hingga gempa di Sulawesi Barat. 

Berikut sejumlah berita humaniora kemarin yang masih menarik untuk disimak dan dicermati:  

1. Bangunan bertingkat di Mamuju roboh akibat gempa

Sejumlah bangunan bertingkat di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, roboh akibat gempa berkekuatan Magnitudo 6,2 yang terjadi Jumat (15/1) pukul 02.28 WITA.

“Kami semua sudah berlari ke gunung, karena bangunan berlantai tiga di lingkungan kami telah ambruk ke tanah, masyarakat takut tsunami,” kata Yahya, salah seorang warga di lingkungan Kasiwa, daerah padat penduduk Kota Mamuju.

2. Banjir meluas di wilayah Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan

Banjir yang terjadi di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, pada Jumat (15/1) meluas sehingga mencakup sebagian besar wilayah dan memaksa sebagian warga mengungsi.

Jalan-jalan di area perkotaan dan perdesaan di Hulu Sungai Tengah tergenang. Banjir juga menggenangi kawasan pusat perbelanjaan, membuat pasar-pasar dan pertokoan harus ditutup. Perkantoran, bank, dan sekolah juga semuanya ditutup akibat banjir.

3. BMKG imbau waspada potensi tsunami akibat gempa susulan di Sulbar

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat dan pemerintah daerah di Sulawesi Barat untuk mewaspadai gempa susulan dan kemungkinan adanya potensi tsunami di wilayah tersebut.

“Kemungkinan masih ada potensi gempa susulan yang bisa mencapai kekuatan seperti yang sudah terjadi atau lebih,” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers daring yang dipantau di Jakarta, Jumat.

4. Kantor Gubernur Sulbar roboh akibat gempa

Bangunan Kantor Gubernur Sulawesi Barat yang terletak di Kabupaten Mamuju roboh akibat goncangan gempa bermagnitudo 6,2 yang terjadi pada Jumat (15/1) pukul 01.28 WIB.

“Menurut petugas yang meninjau reruntuhan bangunan, di dalam gedung itu terdapat orang, namun belum diketahui jumlahnya dan kondisinya,” kata Kontributor foto Akbar Tado.

5. Presiden: Segera kirim bantuan untuk korban banjir di Kalsel

Presiden RI Joko Widodo memerintahkan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Panglima TNI dan Kapolri secepatnya mengirimkan bantuan kepada korban banjir di Kalimantan Selatan.

“Saya sudah telepon Gubernur Kalimantan Selatan untuk mendapatkan laporan mengenai banjir di Kalsel. Saya juga telah memerintahkan Kepala BNPB, Panglima TNI dan Kapolri untuk secepat-cepatnya mengirimkan bantuan,” kata Presiden dalam keterangan yang ditayangkan Youtube Sekretariat Presiden di Jakarta, Jumat (15/1). 

 

Berita terkait: