Kelebihan telur bebek dibanding telur ayam

Jakarta – Telur bebek memang tidak sepopuler telur ayam, namun dari segi manfaat telur ini tak kalah unggul.

Ada banyak faktor yang membedakan telur bebek dengan telur ayam. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa telur beber bisa menjadi alternatif yang lebih baik dari telur ayam, menurut Boldsky, Selasa.

1. Ukurannya lebih besar

Perbedaan mendasar telur bebek dan telur ayam, ukurannya. Telur bebek juga dapat dibedakan secara visual dari telur ayam karena warnanya yang kekuningan, hijau, abu-abu pucat, biru dan hitam.

2. Lebih banyak protein

Telur bebek mengandung lima jenis protein utama yakni ovalbumin 40 persen, ovomucoid 10 persen, ovotransferrin 2 persen, ovomucin 3 persen dan lysozyme 1,2 persen.

Dibandingkan dengan telur unggas lainnya, telur bebek memiliki konsentrasi protein yang tinggi, sehingga dianggap bergizi dibandingkan telur ayam.

Baca juga: Manfaat ganti daging merah dengan telur dan susu bagi jantung

Baca juga: Amankah telur mentah dikonsumsi?

3. Kaya folat

Telur bebek mengandung 80 µg folat sedangkan telur ayam mengandung 47 µg per 100 g. Kandungan folat atau vitamin B9 yang tinggi dalam telur bebek dikaitkan dengan penurunan risiko komplikasi kehamilan, penyakit jantung, dan kanker.

4. Tinggi Vitamin B12

Telur bebek memiliki persentase kuning telur yang lebih tinggi dibandingkan dengan ayam atau telur unggas lainnya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa terdapat lebih banyak vitamin B12 dalam kuning telur dibandingkan dengan putih telur.

Karena ukuran kuning telur bebek lebih besar, dapat disimpulkan bahwa vitamin B12 lebih banyak terdapat pada telur bebek dibandingkan dengan telur ayam yang kuning telurnya lebih kecil.

5. Tinggi asam lemak Omega-3

Kuning telur adalah sumber padat asam lemak esensial seperti asam linoleat. Telur bebek mengandung kuning telur yang lebih besar daripada telur ayam dan karenanya, lebih banyak asam lemak omega-3. Nutrisi ini baik untuk jantung dan dapat memenuhi sebagian besar kebutuhan asam lemak harian.

6. Lebih baik untuk bahan memasak

Albumin adalah bahan utama dalam produk roti seperti kue, kue kering dan cake. Telur bebek memiliki sifat berbusa yang sangat baik karena proteinnya. Protein memiliki tingkat penyerapan yang cepat selama proses pembuatan kue.

Selain itu, busa telur bebek memiliki stabilitas yang lebih tinggi dan kandungan nutrisinya tidak terpengaruh oleh suhu tinggi (seperti saat memanggang). Ini membuat telur bebek cocok untuk keperluan pemanggangan.

7. Alternatif untuk penderita alergi

Alergi makanan akibat konsumsi telur sudah umum terjadi. Ovomukoid merupakan protein alergen makanan utama yang terdapat pada putih telur baik telur bebek maupun telur ayam. Jika seseorang alergi terhadap ovomucoid telur ayam, telur bebek bisa menjadi alternatif terbaik atau sebaliknya.

8. Memilik efek antibakteri

Putih telur memberikan perlindungan terhadap banyak bakteri yang menyerang yang dapat mengganggu perkembangan embrio. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa putih telur bebek memiliki aktivitas antimikroba yang lebih tinggi terhadap Salmonella dibandingkan telur ayam.

9. Lebih dalam penyimpanan

Ovalbumin pada telur bebek merupakan protein yang paling dominan. Menurut sebuah penelitian, suhu penyimpanan tidak berpengaruh besar terhadap pola protein telur bebek yang disimpan selama 15 hari dibandingkan dengan telur ayam. Hal ini menunjukkan bahwa albumin pada telur bebek tidak terlalu terpengaruh bila disimpan pada suhu ruangan untuk penyimpanan yang lama.

Baca juga: Konsumsi telur bisa turunkan risiko diabetes tipe 2

Baca juga: Telur dan sayuran mentah bantu tambah nutrisi

Baca juga: Manfaat telur omega-3 bagi otak dan jatung

Berita terkait: