Kasus Maria Lumowa, Bareskrim Akan Periksa 3 Bank Swasta

Tiga bank swasta tenama akan diperiksa penyidik Bareskrim Polri terkait kasus pembuatan letter of credit atau L/C fiktif atas tersangka Maria Pauline Lumowa.

Pemeriksaan dilakukan untuk mengungkap aliran dana dari kasus Maria Pauline. “Tiga bank swasta itu terkait aliran dana dengan LC fiktif itu,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Awi Setiyono, Selasa (28/7/2020).

Penyidik masih merahasiakan identitas tiga bank swasta yang akan diperiksa itu. Pemeriksaan untuk mengungkap dugaan adanya aliran dana dari kasus Maria Pauline.

Polri akan follow the money dan penyidik akan mengikuti ke mana aliran uangnya. “Semua aliran dana akan diperiksa,” ujarnya.

Seperti diketahui Maria Pauline Lumowa yang ditangkap di Serbia adalah tersangka pembobol Bank BNI senilai Rp1,7 triliun. Wanita itu menghilang dari Tanah Air sejak 2003 ketika kasus ini terungkap ke permukaan.

Sebelumnya penyidik telah memeriksa 11 orang saksi untuk mendalami peran Maria Pauline Lumowa. Kasus pembobolan Bank BNI terjadi pada periode Oktober 2002 hingga Juli 2003.

 

 

Berita terkait: