Kapolda ajak jawara Banten sinergi bantu jaga Kamtibmas di Banten

Saya mengajak para pendekar Banten untuk bersinergi dengan Polda Banten Serang – Kapolda Banten Irjen Pol Dr Rudy Heriyanto Adi Nugroho mengajak para pendekar Banten untuk bersinergi dengan Polda Banten bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah Provinsi Banten.

“Saya mengajak para pendekar Banten untuk bersinergi dengan Polda Banten. Harapan saya sinergitas kita akan lebih meningkat dari tahun-tahun yang lalu. Dan saya menghormati sekali pendekar Banten, oleh karena itu saya yang harus hadir di sini,” kata Rudy Heriyanto saat berkunjung dan bersilaturahmi dengan para jawara Banten, di Padepokan Debus Surosowan, di Serang, Senin.

Kapolda Banten mengatakan, kedatangannya ke Padepokan Debus Surosowan merupakan bentuk silaturahmi dengan para pendekar Banten.

“Hari ini saya sengaja datang ke sini untuk memperkenalkan diri dan sekaligus bersilaturahmi dengan para pendekar Banten,” kata Rudy Heriyanto.

Rudy juga menyampaikan terima kasih atas penyambutan dari para pendekar Banten serta memohon dukungan dan mengajak pendekar Banten untuk bersinergi dengan Polda Banten dalam menjaga kamtibmas.

“Saya baru satu setengah bulan jadi Kapolda. Oleh karena itu, saya mohon izin untuk menitip diri saya kepada para pendekar, tolong dijaga diri saya dan keluarga saya, tolong dijaga anggota saya, tolong dijaga kesatuan saya,” katanya pula.

Ketua DPP Persatuan Pendekar Persilatan dan Seni Budaya Banten Indonesia (PPPSBBI) Andika Hazrumy mengatakan, para jawara persilatan di Provinsi Banten akan mendukung program Polda Banten dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Kapolda Banten dan Wakapolda Banten sudah menjadi keluarga besar pendekar Banten.

“Saya mewakili keluarga besar Padepokan Debus Surosowan Banten mengucapkan terima kasih atas kedatangan Bapak Kapolda Banten bersama Bapak Wakapolda Banten ke sini,” kata Andika.

Andika Hazrumy menambahkan bahwa pendekar Banten siap bersinergi dengan Polda Banten dalam menjaga kamtibmas di Banten.

“Dan kami siap solid dan bersinergi dengan TNI-Polri dalam menjaga kamtibmas,” kata Andika Hazrumy yang juga Wakil Gubernur Banten.

Menurut Andika, jika melihat ke dalam konteks sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia, keberadaan pendekar atau jawara berhubungan erat dengan kekuatan dan keberanian pejuang untuk melawan kekuasaan kolonial dan berlanjut sampai perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Andika mengatakan, pada era perjuangan mempertahankan kemerdekaan RI, ulama dan pendekar atau jawara mampu berkonsolidasi. Karena keinginan untuk mengusir penjajah merupakan hal yang begitu mendasar dalam pemikiran para ulama dan jawara sebagaimana mayoritas masyarakat Banten.

Untuk itu, kata dia, seluruh elemen masyarakat khususnya pelaku seni budaya dan silat Banten agar bersatu meningkatkan partisipasi dalam pembangunan Banten ke depan. Sebagaimana visi yang telah dicanangkan yaitu mewujudkan masyarakat Banten yang maju, mandiri, berdaya saing, sejahtera dan berakhlakul karimah.
Baca juga: Ketum Perguruan Pencak Silat: Komjen Sigit satukan pendekar se-Banten
Baca juga: Ulama dan pendekar Banten dukung Jokowi-Ma’ruf

Berita terkait: