Kampung Tangguh Bintara Tekan Covid-19 hingga Nol Kasus

Kampung Tangguh Jaya RW 07, Kelurahan Bintara, Bekasi Barat, Kota Bekasi yang diprakarsai oleh Polda Metro Jaya berhasil menekan positif Covid-19 hingga nol kasus.

“Perkembangan kasus aktif di sana pada Januari 2021 saja sudah ada 26 kasus aktif. Masuk Februari kasus aktif sudah nol atau bisa dikatakan turun 100%,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Selasa (2/3/2021).

Yusri mengatakan, setelah angka Covid-19 di RW 07 Bintara turun drastis, warga setempat pun menggelar bakti sosial kepada warga yang terkena dampak banjir.

“Kegiatan mereka sebagai wujud rasa syukur karena telah terbebas dari Covid 19, Kampung Tangguh RW 07 Bintara Jaya membagikan sembako kepada warga yang terkena dampak banjir di wilayah Kelurahan Pebayuran dan Kelurahan Bintara Jaya,” kata Yusri.

BACA JUGA

Polres Metro Bekasi Upayakan Program “Orang Tua Asuh” Kampung Tangguh Jaya

Program Kampung Tangguh Jaya merupakan program Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran dengan tujuan untuk menekan angka virus Covid-19 di tingkat RT maupun RW.

Kampung Tangguh Jaya akan dibentuk di semua zona merah penyebaran virus Covid-19 yang ada di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Mandiri
Salah satu program Kampung Tangguh adalah memberikan edukasi kepada warga untuk melakukan tes usap antigen secara mandiri, pengetatan protokol kesehatan hingga ketahanan pangan dengan budidaya ikan untuk konsumsi masyarakat setempat.

BACA JUGA

Kapolda Metro: Berkat Kampung Tangguh, Jumlah Warga Terkonfirmasi Positif Covid-19 Turun

Personel dari TNI-Polri dan pemerintah daerah juga akan turun langsung melakukan pemantauan perkembangan dari Kampung Tangguh tersebut.

Tiap Kampung Tangguh memiliki petugas 3T, yaitu pelacakan, tes dan penanganan (tracing, testing, treatment) di tiap RW.

Petugas juga akan memantau perkembangan tiap pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 jika sedang melakukan isolasi mandiri.

Berita terkait: