Kabarharkam Polri Apresiasi Pembuatan Kampung Tangguh Pangan di Tangerang

Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Agus Andrianto mengapresiasi langkah pembuatan Kampung Tangguh Pangan yang ada di Kampung Panunggangan Barat, Kecamatan Cibodas, Tangerang, Banten. Pendirian Kampung Tangguh Pangan tersebut merupakan hasil kolaborasi Polri, TNI dan Komunitas Banksasuci (Bank Sampah Sungai Cisadane) dalam memberdayakan lahan.

“Saya sangat mengapresasi kolaborasi TNI dan Polri dengan menggandeng masyarakat yang berusaha memberdayakan lahan yang menganggur di wilayahnya. Lahan ini diolah dan dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat sekitarnya di tengah Pandemi Covid-19. Terlebih masyarakat yang dilibatkan adalah masyarakat-masyarakat yang menjadi korban PHK yang diajak untuk mengolah lahan bersama-sama. Nanti hasilnya akan bisa memperkuat pangan masyarakatnya, dan ini perlu dicontoh,” ujar Agus Andrianto usai melakukan kunjungan ke Kampung Tangguh Pangan Banksasuci, Jumat (17/7/2020). 

Tak hanya melakukan tinjauan, Lulusan Akademi Kepolisian tahun 1989 juga menyerahkan bantuan kepada Kapolsek dan Danramil untuk mengelola lahan tersebut agar bisa bermanfaat buat masyarakat di wilayah Tangerang.

“Bantuan yang saya sampaikan ini merupakan bantuan dari teman-teman Akmil angkatan 89. Saya harap bisa memicu semangat rekan-rekan TNI dan Polri di wilayah yang lain tentunya yang mungkin memiliki lahan tidur yang lebih banyak lebih luas tentunya ini bisa melakukan hal yang sama,” tandasnya.

Kampung Tanggung Pangan Banksasuci berada di pinggir Sungar Cisadane dan memiliki luas sekitar 11 hektare. Dalam kampung tangguh pangan tersebut akan dibagi dalam 18 klaster tanaman dan sayur yang ditanam yang ditanam dan dipelihara 25 orang dalam satu klasternya.

Diharapkan dengan Kampung Tangguh Pangan tersebut masyarakat tak lagi khawatir kekurangan pangan dimasa pandemi covid-19 ini.

Berita terkait: