Juventus vs Napoli, Berebut Zona Liga Champions

Tuan rumah Juventus akan bentrok dengan Napoli pada pertandingan Liga Italia, Serie A di Turin, Rabu (7/4/2021) malam nanti. Pertandingan ini merupakan pertemuan tertunda mereka di awal musim ini.

Pertandingan ini sangat vital untuk kedua tim, karena memperebutkan posisi di zona Liga Champions musim depan. Juventus saat ini menempati urutan keempat di klasemen dengan 56 poin. Napoli juga meraih 56 poin di posisi kelima.

Rivalitas dari pertandingan nanti sudah jelas terlihat. Selain perebutan posisi zona Liga Champions, kedua tim juga mewakili wilayah utara dan selatan Italia. Ini juga menjadi pertemuan ketiga atau yang terakhir untuk keduanya pada musim ini.

Pertemuan pertama mereka, seharusnya terjadi pada Oktober 2020 lalu, namun para pemain Napoli gagal berkunjung ke Stadion Allianz di Turin, setelah dua pemainnya positif Covid-19.

Pelatih Napoli Gennaro Gattuso memutuskan tidak membawa pasukannya ke Turin, dan mereka dinyatakan kalah 3-0. Namun Napoli banding atas putusan tersebut, dan akhirnya Komite Olimpiade Italia (CONI) membatalkan putusan kalah WO tersebut.

Juventus dalam kondisi tidak percaya diri, Pasukan Andrea Pirlo baru saja bermain imbang 2-2 menghadapi rival sekota Torino dalam Derby della Mole .

Posisi Bianconeri juga merosot di klasemen Serie A. Mereka digusur Atalanta dari posisi ketiga.

Pirlo dalam posisi tertekan. Ia harus mencari jalan agar Juventus bisa bertahan di zona Liga Champions. Kekalahan bisa mengancam posisinya sebagai pelatih kepala, apalagi di sudut lain mantan pelatih Max Allegri telah menanti kesempatan untuk bergabung ke klub Turin.

Selain Pirlo, pintu keluar Juventus tampaknya juga terbuka untuk Giorgio Chiellini dan Gianluigi Buffon. Sebab, hingga saat ini keduanya belum mendapatkan perpanjangan kontrak.

Kegagalan di kandang, bisa membuat Pirlo dan kedua pemain veteran tersebut segera meninggalkan Turin.

Napoli bersiap menghadapi wakil dari utara, dengan bekal kemenangan 4-3 atas Crotone, akhir pekan lalu.

Gattuso cukup puas, karena dua pemainnya Lorenzo Insigne dan Victor Osimhen tampil mengesankan saat membela timnas mereka.

Napoli juga mampu meraih 16 poin dari hasil maksimal 18 poin di Serie A, yang membuat mereka kini bisa berharap meraih tiket di kompetisi elite Eropa.

BACA JUGA

Juventus Ditahan Imbang Torino, Andrea Pirlo: Kami Terus Mempersulit Diri

Musim ini kedua tim bertemu dua kali. Pertama di ajang Piala Super, Juventus mengalahkan Napoli 2-0, selanjutnya di pertandingan Serie A Napoli berhasil mengalahkan Juventus dengan skor 1-0.

Bianconeri tak bisa memainkan Leonardo Bonucco dan Merih Demiral yang dinyatakan positif Covid-19 pada jeda pertandingan kompetisi liga. Keduanya belum bisa dimainkan. Juventus akan mengandalkan Matthijs de Ligt dan Giorgio Chiellini di pusat pertahanan mereka.

Sanksi hukuman telah dicabut untuk Weston McKennie, Paulo Dybala, dan Arthur yang sempat melanggar protokol Covid-19 saat berpesta pada pekan lalu. Mereka kini siap diturunkan pada pertandingan nanti. Bahkan Pirlo sudah menyambut ketiganya, saat sesi latihan Senin kemarin.

Di lini tengah McKennie bisa berpasangan dengan Rodrigo Bentacur. Di lini depan, pilihan terbaik masih pada Cristiano Ronaldo dan Alvaro Morata.

Sementara, pasukan Napoli datang dengan kondisi terbaiknya. Mereka telah mengatasi krisis cedera pemain yang membuat tim ini tersingkir di Liga Europa.

Gattuso juga sudah bisa menurunkan Kalidou Koulibaly yang telah menjalani sanksi hukuman. Selain itu pemain Meksiko Hirving Lozano juga siap diturunkan. Dengan Lorenzo Insigne dan Dries Mertens jadi pilihan di lini depan.

Perkiraan pemain Juventus: Szczesny (GK), Cuadrado, De Ligt, Chiellini, Sandro, McKennie, Rabiot, Bentancur, Chiesa, Ronaldo, Morata.

Perkiraan pemain Napoli: Meret (GK), Di Lorenzo, Manolas, Koulibaly, Rui, Bakayoko, Ruiz, Politano, Zielinski, Insigne, Mertens.

Berita terkait: