Juni 2021, Brasil Akan Produksi Vaksin Covid-19

Brasil akan mulai memproduksi vaksin Covid-19 pada paruh pertama 2021. Seperti dilaporkan Xinhua , Selasa (23/2), rencana itu dilaporkan lembaga ilmu biologi yang dikelola pemerintah.

“Dengan perjanjian transfer teknologi dengan perusahaan farmasi Inggris Astrazeneca, Oswaldo Cruz Foundation yang berbasis di Rio de Janeiro akan dapat mulai membuat vaksin di Brasil pada bulan April,” kata Marco Aurelio Krieger, wakil presiden produksi dan inovasi di bidang kesehatan dengan yayasan tersebut, dalam satu wawancara dengan portal internet UOL.

“Itu selalu menjadi tujuan kami. Dengan menerapkan teknologi produksi secara maksimal, kami berharap pada semester pertama tahun ini produksi nasional bisa mencapai 100 persen. Kami sangat yakin,” katanya.

Krieger menekankan pentingnya Brasil memproduksi vaksin Covid-19 mandiri untuk mengurangi ketergantungan pada produsen lain di tengah permintaan vaksin global yang tinggi.

BACA JUGA

Studi: Akibat Mutasi, Virus Corona Delapan Kali Lebih Menular

“Jika hari ini kami ingin membeli lebih banyak vaksin, kami tidak akan dapat. Kini saatnya memikirkan produksi strategis beberapa produk, karena kami telah melihat persaingan global sepanjang pandemi,” katanya.

Menurut Krieger, Brasil akan menerima lebih dari 2 juta dosis vaksin AstraZeneca pada hari Selasa.

Vaksin Astrazeneca dan vaksin CoronaVac yang dikembangkan oleh perusahaan farmasi Tiongkok, Sinovac, adalah dua vaksin yang diterapkan di negara tersebut.

“Saya yakin pada bulan April, Mei atau Juni, kami akan sangat dekat untuk mendistribusikan 100 juta dosis,” tambahnya.

Berita terkait: