Joshua Nathanael Sabet Emas Nomor Nan Quan Junior

Atlet junior Joshua Nathanael menyabet medali emas pada nomor Nan Quan Junior C putra. Dengan tinggi badan 136 cm dan bobot tubuh 45kg, bocah lelaki berusia 10 tahun ini tampil memukau dengan gerakannya begitu lincah dan mahir memainkan golok.

Para juri yang melihat penampilannya di layar lebar secara langsung menobatkan Joshua yang akrab disapa “Bakpao” itu sebagai juara. Bahkan, pelajar kelas 5 SD Ipeka Sunter I Jakarta Utara ini layak menjadi bintang pada hari keempat pelaksanaan Virtual Wushu Championships 2020.

“Ya, Joshua ‘Bakpao’ Nathanael memang pantas jadi bintang Virtual Wushu Championships 2020. Selain gerakannya sangat lincah memainkan golok, dia mampu menjadi yang terbaik pada nomor Nan Quan Junior C putra yang diikuti 75 peserta dari 50 sasana wushu dari 10 provinsi,” kata Ketua Pelaksana Bidang Broadcast, Roy Lim yang dikenal banyak menggelar event wushu ketika dikonfirmasi media, Kamis (15/10/2020).

Julukan Bakpao itu didapat Joshua Nathanael karena badannya yang tambun. Teman-teman seperguruannya di Sasana Rajawali Sakti Jakarta Utara sering memanggilnya pendekar kungfu Bakpao.

“Anak-anak sih biasa memanggil Joshua Nathanael itu pendekar Bakpao. Itu karena tubuhnya yang tambun dan bulat mirip bakpao,” kata pelatih sekaligus pemilik Sasana Rajawali Sakti Jakarta Utara, Herman Wijaya.

Bagi Joshua ini merupakan gelar juara Virtual Wushu Championships 2020 bukan yang pertama kalinya. Tahun 2018, bocah kelahiran Jakarta, 8 Agustus 2010 ini pernah meraih 3 emas pada Singapura Open, lalu tahun 2019 meraih 2 emas Malaysia Open, 3 emas Wu Games, 1 emas dan 1 perak Wushu Festival tahun lalu.

“Saya sangat senang dan bangga bisa ikut andil dalam mempersembahkan emas untuk sasana Rajawali Sakti di Virtual Wushu Championships 2020,” kata Joshua Nathanael yang bercita-cita menjadi juara dunia ketika diminta komentarnya.

“Ini merupakan buah dari hasil latihan dan kerja keras Joshua selama pandemi Covid-19. Dan, kami selaku orang tua akan mendukung niatnya untuk terus meraih prestasi di berbaga event nasional maupun internasional,” timpal ayahnya Joshua, Parama Mudita Slauwinatha.

Joshua Nathanael yang mengidolakan bintang kungfu, Jackie Chan dan Donnie Yen sendiri mengaku memulai belajar wushu di Sasana Rajawali Sakti Jakarta Utara saat berusia 6 tahun tepatnya Maret 2016.

“Saya suka olahraga beladiri kungfu untuk menambah kepercayaan diri,” kata putra bungsu dari dua bersaudara pasangan Parama Mudita Slauwinatha dan Heny Wijaya Tjahaja.

Berita terkait: