Jonatan Christie Cs Ikut Asia Open demi Amankan Status Unggulan

– Turnamen Asia Open I dan Asia Open II tak hanya penting untuk memperbesar kans pebulutangkis Indonesia di BWF World Tour Finals (WTF) 2020.

Menurut Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBSI , Achmad Budiharto , turnamen yang akan berlangsung di Thailand awal tahun depan itu juga berguna untuk menjaga status unggulan Jonatan Christie dan kolega.

Status unggulan atau seeded disebut Budiharto amat penting bagi pebulutangkis, mengingat periode pengumpulan poin Olimpiade Tokyo masih berlangsung hingga tahun depan.

“Kami butuh poin untuk mengamankan seeded . Karena turnamen Road to Olympic belum selesai. Masih ada tiga turnamen lagi di tahun depan,” kata Budiharto di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur.

Baca Juga: David de Gea ‘Kumat’ Lagi, Luis Enrique Pasang Badan

Di tengah pandemi virus Corona, tiga turnamen Road to Olympic tahun depan diperkirakan Budiharto akan jadi rebutan para pebulutangkis.

Banyaknya pemain yang mendaftar tentu bakal menambah persaingan. Pebulutangkis dengan ranking tinggi otomatis diuntungkan.

Mereka akan mendapat seeded atau status unggulan sehingga terhindar dari lawan-lawan berat di babak pertama.

” Ranking bagus agar tidak berhadapan langsung dengan unggulan, agar kami bisa pertahankan poin (para atlet),” beber Budiharto.

“Kalau poinnya bagus, kita juga berharap (para pemain) di Olimpiade bisa mendapat status unggulan,” tukasnya.

Baca Juga: Girangnya Andriy Shevchenko Usai Ukraina Hajar Spanyol di Nations League

Asia Open I akan berlangsung 12-17 Januari 2021, Asia Open II pada 19-24 Januari, sedangkan WTF 2020 akan bergulir pada 27-31 Januari. Kesemuanya akan berlangsung di Bangkok, Thailand.

Berita terkait: