Jokowi: Tindak Tegas Pelaku Pembakaran Hutan dan Lahan

– Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) memerintahkan aparat penegak hukum untuk menindak tegas tanpa kompromi terhadap pelaku pembakaran hutan dan lahan.

“Saya minta langkah penegakan hukum dilakukan tanpa kompromi,” kata Presiden Jokowi saat memberikan pengarahan kepada para peserta Rapat Koordinasi Nasional Kebakaran Hutan dan Lahan ( Karhutla ), di Istana Negara, Jakarta, Senin (22/2/2021).

BACA JUGA

Jokowi: Puncak Kebakaran Hutan Agustus hingga September

Presiden Jokowi mengatakan, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia ( Kapolri ) Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo sudah mengetahui secara pasti sanksi dan hukuman terhadap pelaku pembakaran hutan dan lahan.

“Saya kira Kapolri sudah tahu apa yang harus dilakukan di sini, karena kita sudah berpengalaman melakukan itu. Penegakan hukum yang tegas kepada siapapun yang melakukan pembakaran hutan dan lahan, baik itu di konsesi milik korporasi milik korporasi, perusahaan maupun di masyarakat,” katanya.

BACA JUGA

Presiden Jokowi: 99% Kebakaran Hutan Akibat Ulah Manusia

Ia mengatakan, sanksi dan hukuman tegas diberikan untuk memberikan efek jera kepada pelaku pembakaran hutan dan lahan.

“Tapi, ini semuanya sudah tahu sehingga betul-betul ada efek jera. Terapkan sanksi yang tegas bagi pembakar hutan dan lahan, baik sanksi administrasi perdata maupun pidana,” kata Presiden Jokowi.

Berita terkait: